Scooterboyz Bertutur

Hanya sekedar blog biasa

5 CM : sebuah novel

Posted by scooterboyz pada Maret 19, 2007

5-cm

 

Saya ingin dikit “sok t-u” tentang salah satu buku betseller yaitu “5 cm”. Buku ini emang mantab buat dijadiin bacaan wajib bagi para pecinta novel. Novel ini mengambil tema yang sangat sederhana dan (sedikit) klise yaitu friendship. Mungkin biasanya kita udah bosan sama buku-buku model ginian,yag mengagungkan persahabatan. Tapi jujur, novel ini beda,sangat tidak biasa.

Biasanya,para novelis membuat sebuah cerita persahabatan yang alurnya hampir selalu “beberapa orang sahabat karib sejak lama tiba-tiba punya suatu masalah dan akhirnya mereka pisah”. Bosen kali kita baca model gituan trus menerus. Akhirnya ada novel ini yang “sedikit” tampil beda tapi sangat menggoda.

Kita mulai dari kover bukunya,very simple. Hanya tulisan “5 cm” dan Donny Dirgantoro. Betulkah hanya itu?Kalo kita tajamkan padangan, ada tulisan-tulisan di belakangnya yang berwarna hitam dan dibuat bevel (tau bevel ga?Ndeso!!). Tulisan yang bevel itu bertuliskan kata-kata dan frase singkat. Contohnya “impian.harapan.cita-cita.penciptaku.alamNya” dll. Seorang Bayu Abdinegoro (ndeso lagi kalo tak tau!!) memberikan refleksi tentang kover ini :

“Impian, Cinta, dan Kehidupan.

Sederhana, tapi luar biasa..
Ada dalam diri setiap manusia jika mau meyakininya. “

Bayu Abdinegoro (Graphic Artist)

Masuk ke isi. Buku ini diawali dengan prolog yang berisi pembahasan tentang mimpi. Penulis banyak mengutip kata-kata terkenal dari para orang arif (bukan saya) terkenal bahkan dari beberapa artisan dan lagu,seperti I have a dream (Martin Luther King),Cogito Ergo Sum (Descartes),I just run!!(Forrest Gump,Tom Hanks) dll. Novel ini bener-bener berisi tentang kehidupan yang diawali dari mimpi.

Tokoh-tokoh dalam novel ini,yaitu Arial Si Rambo,Riani si Jelita,Zafran si Artisan,Genta sang pemimpin dan Ian si bokep, sudah bersahabat karib sejak SMA. Mereka selalu bareng kemanapun dan ga pernah ada masalah diantara mereka walo personal mereka sangat berbeda. Akhirnya,pada suatu saat,mereka memutuskan untuk berpisah dulu selama 3 bulan. Bukan karena berantem ato apa,tapi lebih didorong keinginan untuk melihat dunia di luar mereka. Mereka ga mau terjebak dalam gua yang telah melenakan mereka selama ini. Jadilah mereka berpisah..Genta menjanjikan untuk membuat suatu pertemuan yang berkesan setelah perpisahan ini. Waktu yang dijanjikan mereka untuk bertemu lagi adalah 14 Agustus.

Dalam masa perpisahan 3 bulan, banyak sekali ihwal yang terjadi. Arial yang mulai menemukan cinta pada Indy. Riani yang bete berat karena memikirkan “kecengannya” yang tak lain adalah salah satu dari temennya. Genta yang consern ke masalah pekerjaannya. Zafran yang selalu kurang kerjaan. Ian yang ngebut TA selama 2 bulan agar bisa segera wisuda. Hebatnya buku ini tidak terlalu memanjangkan masalah perpisahan ini.

Akhirnya 14 agustus datang dan Genta sebagai PJ dari acara pertemuan ini mengajak mereka untuk bertualang ke puncak Mahameru(horeee..Aku juga pernah kesana,kelas 3 SMP klo ga salah). Dalam perjalanan menuju Puncak mahameru banyak hal yang terjadi. Naik kereta ekonomi,bertemu Mas Gembul,bertemu Deniek dan kawan-kawannya,Ranu Pane,Ranu Kumbolo,makam Adrian,surat dari Deniek untuk Adrian,hujan batu dan upacara 17 Agustus di puncak Mahameru. Mereka sangat berterimakasih pada Genta yang memberi sebuah petualangan yang  luar biasa.Luar biasa,si penulis bisa memjabarkan semua perasaan dan keadaan waktu pendakian dan memang semua itu nyata,banyak yang sudah saya rasakan. Tapi sayangnya aku ga merasakan pengalaman di Ranu Pane,sebab dulu aku berangkat dari pos Tengger,bukan Ranu Pane.

Dalam bab pendakian ini,ada beberapa hal yang sangat menyentuh dan berbekas di hatiku. Yang pertama,
surat dari Deniek tulis untuk
Adrian,teman yang sangat dia cintai. FYI,
Adrian adalah kawan sekampus Deniek yang hilang dalam pendakian ke Mahameru. Aku nangis pas  baca
surat itu dan sekarang pas aku nulis ini,mataku udah berat,hampir tumpah lagi.
Surat selengkapnya ada di post selanjutnya.

Trus ada juga kata-kata yang selalu digunakan oleh mereka untuk menghadapi masalah yang berat dan tidak biasa,misalnya pada saat pendakian ke Mahameru itu. Kata-kata atau motto itu adalah :

“Apabila kamu punya mimpi, taruh dia 5 cm di depan kening kamu,jadi nggak pernah lepas dari mata kamu. Dan sehabis itu yang kita perlu Cuma kaki yang berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang alam berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dan leher yang akan lebih sering melihat keatas.

Juga lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja dan hati yang akan bekerja lebih keras, serta mulut yang akan selalu berdoa.”

Itulah kira-kira isinya buku itu, tapi itu masih garis yang sangat besar,bakal lebih mantab klo baca sendiri. Oiya,ada bagian yang mengagetkan,yaitu saat mereka berkumpul 10 taun kemudian bersama pasangan masing-masing. Siapa pasangannya? Sile baca ndiri.. 

About these ads

109 Tanggapan to “5 CM : sebuah novel”

  1. irham faza said

    saya juga udah baca novelnya Dgirgantoro ini….bagus…baca novel ini ..tanpa terasa ada jalan setapak…yg mengiring kita untuk mendalami buku2 lain….seperti di hal 125…dialog ian dgn dosennya p. legowo ttg EQ…slama ini saya tak tertarik baju gitu,tapi dari situ tanpa sadar …dia ajak sy tamsya ke tempat yg slama ini jarang saya tengok…dan masih banyak…jalan2 setapak lain yg akan tunjukkan ke kita suatau tempat yg indah….mungkin kita sering lewat…tapi dhirgantoro mampu ..merayu kita untuk…mengunjungi taman2 ilmu yang lain…
    salam…

  2. nana said

    5 cm?keren abiz……………..
    aku dah baca 3kali tapi gak ada matinya

  3. Dita said

    setiap kali aku butuh semangat untuk ngejar mimpi, aq mesti baca buku ini,hehe..
    seru abiez. Buku ini ngajarin aku untuk tidak bisa meyerah dalam mengejar mimpi. Bukan tdk mau menyerah, tapi tidak bisa menyerah…

  4. Beruang said

    Hwaaaaaaa………
    Pokoke 5 cm tu mank keren buangedddd…!!!!!!!!!!!

  5. marshallryan said

    keren. lucu tapi tetep berbobot dan cerdas.. gw jadi pengen ngerasain berada di dalam kehidupan yang seperti itu..

  6. ika said

    aku dulu beli buku itu pas mau penelitian skripsi. tadinya malas2an banget. tapi pas baca bagian cerita tentang ian, hmmm. he woke me up!
    two thumbs up!

  7. tika said

    5 cm keren abizz…
    novel yang paling gw suka dari seluruh novel yang pernah gw baca…

    bermakna bgt, tentang asem manisnya kehidupan…

    ga kya novel2 skarang yang hanya ngebahas ttg cinta, cinta, n cinta…

    tapi juga tentang banyak hal yang kita udah sepelein di dunia ini…

    this is the best novel i’ve ever read…

  8. Rafiqa said

    5 cm baguusss…banget..!!!

    banyak kisah serunya, yah ttg persahabatan (TOP bgt), cinta, n pastinya ttg Impian dan Perjuangan…Dheee…

    baca berulang2 juga gak bakalan bosan,,hehe

    terutama ma kekocakan tokoh2nya,aq suka banget..esp. ma bang JupleZafran si Artisan,hehee…

  9. chiwy said

    good job!!!
    kalo gw punya 1000 jempol bakal gw keluarin semua bwt si penulis. hebat…
    baru kali ini gw baca novel yang bisa bikin gw ketawa tengah malem, nangis edan-edanan, keren, pinter banget nemuin hakikat tuhan dari sudut pandang yang berbeda…
    salut..

  10. Zorf of Zeus said

    Novel 5 Cm ?
    Ajiiiiiiiib !!!
    Gileee Keren banget ! Itu baru Pemuda harapan Bangsa !!!
    “sebuah bangsa tidak akan pernah kehabisan pemimpin jika anak mudanya sering bertualang di hutan, gunung, dll”

  11. goro said

    jadi nyesel abis baca 5cm… nyesel dulu pas masih muda koq gak punya mimpi, cinta dan kehidupan… tapi ‘our greatest glory is not in never falling… but in rising every time we fall [confucius] … seperti di buku itu…

  12. Elsye said

    Wow,,5 cm…
    Keren banget…

    Jadi pengen ngasih bingkisan novel ne ma someone,,tapi ga nemu lagi…

    Dimana ya,,5 cm lagi???

  13. 5 cm,,, membuat kita berpikir,,, sudah kah kita ber manfaat bagi org lain…. novel ini BBB = bener-bener bagus..

    udah berkali-kali baca (9 kehitung lagi) dan tak pernah merasa bosan sama sekali

    ampe bela-belain khusus minta dibeliin di jakarta cz di plmbg nggak jual lagi

  14. saamia said

    Kereeen…..!
    Aku dah baca ‘n dah nangis tersedu-sedu
    ‘palagi pas crita ranu pane-ranu kumbolo, soalnya aku pernah sebulan di desa ranu pane. jadi tau banget suasana di sana.
    Ngangenin puol.

    Sayang di novel ini gak ada fotonya ranu pane n ranu kumbolo.
    Kesian org yg gak pernah ke sana, jadi gak bisa liat keindahan alam yg sesungguhnya.

    Trus, coba ada ranu regulo juga pasti lebih bagus

  15. eko said

    Novel ini memang keren habis.Gw sangat terkesan dan termotivasi untuk mewujudkan impian dan cita2 gw…

    Walaupub gw lum pernah ke mahameru,sedikit banyak gw tahu gambaran keindahan alam yang ada di sana.

    gw juga sempet tertawa sampe menangis membaca novel ini, karena sangat menyentuh hati.

  16. Eko said

    Waktu membaca novel ini saya jadi teringat dengan sahabat-sahabat saya saat SD, SMP, SMA. Karena sudah sekian lama tidak bertemu dengan mereka. Sahabatku di manakah kalian? Aku merindukanmu…….
    kalian tak mungkin aku lupakan.

  17. amien said

    akhirnya ku menemukanmu… (NAFF)

    he2… bom… lama ga bersua… ga sengaja neh nemuinnya.. tiba2 aja om google mnegarahkanku ke sini… gud luck bro!!!

  18. masayu said

    keereeeeeen…. Buku ini kayak q bgtttzzz….getooo…..!!!!

    di pramuka bnyak bgt tmen yg kyak mrekaa…

  19. Dhea said

    Soooooooooo great!!!!

    pertama kali baca pas kelas 3 SMP, berarti tiga taun yang lalu. dulu buku ini belum terkenal seperti sekarang. aku juga dipinjami teman baikku, Raden Bima, hehehehe,,,

    tiba-tiba dia bawain novel ini, dan begitu liat covernya, aku udah yakin, kalau buku ini keren.

    begitu baca? waaaaaahhhh, TOPPPPPPPPP!!!!

    bukan kisah kacangan yang seperti kulit kacang, berakhir di tempat sampah,,,
    tapiiiiii,,,,
    sampai kapanpun bakalan terus terngiang di kepalaku, kepala kamu juga kalau kamu udah baca!

    aku semakin tahu apa itu sahabat,,,,
    tentang cinta juga,
    tentang mimpi,,,,

    hwaaaaaaaaaaaaaa,,, rasanya aku pengen teriak aja sekarang ingat gimana novel ini begitu mempengaruhiku….

    aku jadi nggak takut buat bermimpi,
    aku jadi yakin kalau aku mimpi, punya cita-cita, berarti aku harus bisa dapetin cita-citaku itu, mimpiku itu.

    positive thingking juga tapii,,,

    “setiap kamu PUNYA MIMPI atau KEINGINAN atau CITA-CITA,kamu TARUH DI SINI, DI DEPAN KENING KAMU,,,, JANGAN MENEMPEL,,, BIARKAN DIA MENGGANTUNG,,, MENGAMBANG,,, 5 CENTIMETER DI DEPAN KENING KAMU,,, JADI DIA NGGAK AKAN PERNAH LEPAS DARI MATA KAMU!!!”

    bener-bener dianjurkan buat mereka yang nggak tahu apa-apa tentang cita-cita,,,,
    buat mereka yang cuma bisa mimpi trus nangis,,,,
    buat mereka yang bahkan takut sebelum bercita-cita,,,

    kekalahan setelah kita benar-benar berusaha adalah KEMENANGAN BUAT HATI KITA, BUAT OTAK KITA YANG AKAN TETAP IDUP KALAU KITA BERFIKIR,,,

  20. Thanks !

  21. dea said

    5cm….
    satu2nya buku novel yang mau gw beli…

    T.O.P B.G.T D.A.H….!!!

  22. seorang bae said

    jujur gw mles bca… wkt tu lum baca 5cm, cuma bc sinopsisnya pny tmn,, n dksih crta dr “seseorang”……..cieeeee

    mgkn gara2 dorongan ntu kali yee… gw baca tuh buku,,,
    eh trnyta abis baca jd ketagihan dah,,,, hehe..
    tq buat 5cm
    tq buat”…..”
    ^^
    with luph

  23. onies said

    5 cm…

    novel yg bisa bikin aq ketawa sekaligus menangis…

    menginspirasikan aq buat bs berbaikan dgn soba2ku… krn aq punya sobat2 yg hampir sama gilanya dgn riani, zafran, ian, arial, genta.. bahkan mungkin lebih gila… hehehe…

    novel yg bisa bikin aq perimajinasi… sekaligus bs bikin aq tau gmn MAHAMERU… keren deh…

    mau dong difilmkan… pasti aq bakal nonton bekali2…

    novel kueren…

  24. dhida said

    ayo difilmkan juga dunks ini novel
    ::daripada pelem indonesia yang ga’ jelas nangkring di TO…::

  25. Nurul said

    ga bisa ngomong apa-apa lagi!
    baguuuuuuuuuuuuuuusss!!!!

  26. Imam said

    salah satu novel yang harus difilmin…

  27. zan said

    hmmmmmmmmm gila ni novel kren abis
    baru kali ini gw baca novel ampe ngakak n nangis T_T
    bagus dhe
    n pnya saran klo ni novel difilmin

  28. Pelamonia said

    5cm Keren abis
    bkin nangis n trharu

    bnyk kta2 bjak yg kren..
    lagu2 kren
    film2 keren

    wah hbat bgt bsa nulis novelo sebagus itu

  29. kaz said

    the funniest book i’ve ever read,sumpah!!!
    tp kurang cocok kalo dibikin film!!!!

  30. kaz said

    the funniest book i’ve ever read,sumpah!!!
    tp kurang cocok kalo dibikin film!!!
    kasian orang-orang yg baca ini novel tapi belum pernah ke mahameru(including me)!!1

    • intan said

      sama!!!
      hahaha

      tp seru ju9a klo dbkin film!!
      hhe
      jangan ada crta y9 kptong tapi,
      ntar kya Harry Potter!
      jd kurang seru!

  31. kaz said

    the funniest book i’ve ever read,sumpah!!!
    tp kurang cocok kalo dibikin film!!!
    kasian orang-orang yg baca ini novel tapi belum pernah ke mahameru(including me)!!

  32. someone said

    ho’o to ?

  33. Nugi said

    nice book…

    Bikin aku pengen naik gunung…

    Aku udah baca puluhan kali…

    Quote-nya bagus2….

  34. wanur said

    wahh…
    krenn banget ne novell…
    tpi..smpe ckrang lum dapat tu bku tuk di baca..

    mnta pnjaman lum dapat2..

  35. ratna said

    ada yg punya ebooknya 5 cm?

  36. intan said

    quotation yang paling diin9et ntu…

    D0n’t waLK iN fr0nt 0f mE.. u’Re n0T mY LeadER!! d0n’T waLK bEHinD Me.. u’Re n0t mY seRVanT!! jusT wALk beSiDe mE.. coZ u’Re My besT fRienD!

    . . . yg bsa dlakukn seoran9 makhluk bernama manusia terhadap mimpi2 dan keyakinannya adalah mereka hanya ting9al mempercayainya . . .

    hahaha
    kren!!

    ..to be or not to be.. ..that is the question!

    mw nonton semua film yan9 dtulis d 5 cm!
    mw punya smua l9u d 5 cm d hp, byr bsa denger ktrkaitan m crita’a!!
    huh…

  37. hant said

    5 cm maaaannnntaaaaaaaaaaaapppppp……

    tapi sayang, gw cuma baca dari buku temen doang.

    tapi walaupun cuma 1 kali gw baca,,ga lupa-lupa..

  38. JiLLe said

    gw udh pnah bca nii novel..
    kreen abiss, kisahny hidup bgd..

  39. ajat 5u' said

    5cm keren buangettttt…mantap!!!!!
    ini bener2 jd inspirasi gua….

  40. aztoe febri said

    sumpah..
    kereeeeeeeeeeeeennn abizz nich buku..
    w seneng banget ma smua kata2 yang ada di buku ini.
    k’dony ga marah kn klo kata2’a dikutip…???
    he..he..
    biz’a kata2’a ngena banget c…

  41. aztoe febri said

    sumpah..
    kereeeeeeeeeeeeennn abizz nich buku..
    w seneng banget ma smua kata2 yang ada di buku ini.
    k’dony ga marah kn klo kata2’a dikutip…???
    he..he..
    biz’a kata2’a ngena banget c.

  42. alifianti said

    sumpah keren abizzzz . . novelnya.Kata2nya ajib banget,nyontek boleh yach.
    jangan marah ya . . . . .

  43. kemaren nyari2 belum dapet juga..
    hiks

  44. SiKompiKesayanganIan said

    Seruu banjett ne novel pdhl blom kelar bacanya
    hahaha . . .

    kayaknya sruu kalo d pilemin
    hehehe . . .(there is one agree ?)

    ngakak bett pas Ian ngobrol ama kompinya
    hahaha . . .

  45. LigX said

    seru bgt, mengharu bioru bgt, hiks

  46. wildan said

    aku berpikir maka aku ada..

    keren sangat.

  47. Bunga said

    Aku mau nOvel ini?Eh toLong bantu cri dimana yaa?

  48. Vcarious George said

    ada yang tau t4 download novel “5 cm” gk??
    cz gw dh cari” ditoko buku,gak dapet”…
    yang tau kabarin gw y via e-mail.
    pengen bgt gw baca…
    lam knal bt smua
    e-mail gw vcar18exact@gmail.com
    ditunggu yah info”nya…
    thx……

  49. anjas said

    nyileh novele Boemz….sesuk aku meh neng Semeru kie! Tak nggone kitab suci yen meh mrono…..hahaha

  50. thalib said

    ini novel paling mantap se dunia ga ada yg bakalan kalahin deh….. klo bisa bikin novel 5 cm jilid 2

  51. rahayu said

    novel paling seruuuuuuuuu. . . jadi pengen ke gunung mahameru,tapi kapan????????????

  52. rahayu said

    ya buat yang kedua penasarn sama anak2nya genta

  53. niko said

    “gw bkn hobby bca, mgang bku aj mls….
    but, i don’t know knp kok mlh bs bc ne novel….
    SUMPAH.. b’mkna bgt isi’y, byk yg bs d’ambil dr smua’y trtama 1 tentang mnrima knytaan”

  54. Arie sandy said

    Wah gw pengen baca lg buku’y,. cos udah lupa.
    Pas baca buku itu gw semanagat buat mengejar impian gw,..
    c iyan aja bisa masa gw enggk y!
    semanagat dah buat khawan” semuanya,.. kejarlah impian-mu!

  55. emhh…nemu buku ini salah satu anugra juga… keren abizz… udah baca berkali2 sampek potel2..ahahahah…

  56. Teddy Amry said

    Wow, udah lama denger sih ni novel. tapi baru kali ini baca review singkatnya. Mengesankan bgt!!! Rupanya 5cm itu maksudnya “terus memandang impian kita sejarak 5cm”. SETUJUUU!!!

  57. dheo said

    novel yang sangat berbahaya… karena bisa-bisa kita sangat ingin menjadi tokoh di dalamnya dan berimajinasi… apakah menjadi riani, zafran, genta, ian, atopun Arial… Fantastik!

  58. viva satianingsih said

    waaah keren banget novel nya,membuat bulu kuduk nya ampe berdiri mbaca kata2 bijak yg ada di novel ini…..
    biarpun bahasa novelnya blak2 kan tapi itu yng membuat asyik di baca,,,,,menambah motivasi bagi semua pembaca,,,,,,,,,,
    5 cm,,,,judul novel yang aneh,tapi isinya luaaaar biasa!

  59. betul banget,,,,,jadi kepingin banget ke mahameru,ranu pane,ranu kumbolo,,,,waaaaah jdi menghayal aja law bca bku neee

  60. niko said

    SADAP DH POKOK’Y^___________________________^

  61. irleyzt said

    KEREN………….

  62. 5 CM g bz ngelupain gmn perjuangan org2 nya di dlm naskah n g bz ngelupain apa2 yg musti di lakukan buat nempuh sebuah cita2 ..

  63. ita said

    kereeeeeeennnn…TA ita slese gara2 buku ini, Ian banget lah..jadi pengen nyari “Genta” buat djadiin pacar.huehehehehehehehe…

    Inspiratif, lucu, mengharukan…thanx y mas Dhirgantoro buat novelnya.

    tapi kok endingnya tak sama dengan harapanku y??kcuali bagian mama Salmanya.hehehehehe…

  64. cewek?????????? said

    kapan 5 cm di buat movienya?????????lg proses yah?????keren bgt tuh novellllllllllllllll pengen ke mahameru juga rame2 ama sahabat n (cucu ku klo ada loh???)

  65. cino said

    cipp

  66. cino said

    cipp q suka

  67. aida said

    tmen” sklas smpe ngantri pinjem novel “5 cm” ku… haha. saking kerennya! acung jempol deh bwt novel ini :)
    jarang-jarang ada novel keren yg sklgus ngsi ilmu pngetahuan dari critanya ;D

  68. aldi said

    novel paling keren yang pernah gw baca..
    keren abiiiiss..

  69. arifin said

    sumpah……
    5cm,bikin gua ktwa,nangis, banyak dah yang gua dapat dr 5cm…….

    “sebaik2 manusia adalah manusaia yang bisa memberi manfaat terhadap manusia lain…..

  70. Phia said

    Gila bgt,bru bca novel kyk gne…huft,brsyukur bgt aq bs bca ne novel…
    Jd pngen brada d antara mreka,si power rangers…haha…

  71. Phia said

    Geblek…bner2 geblek yg g mw bca ne novel…
    5 cm,q trgila2 pada mu…haha,brsyukur bgt bs bca 5 cm…plajaran hdup yg g ada habis2 nya d setiap lmbar novel…
    Huft,pngen brada d antara power rangers na 5 cm..riani,genta,zafran,ian,arial..

  72. ajiest said

    mampus gila ntu novel….
    bikin andrenalin kita berpacu kencang,,,
    bikin detak jantung kita berdenyut tak beraturan,,,
    bikin nafas kita ngosngosan saat ngebaca….

  73. Noer Wardhani said

    udah baca untuk kesekian kalinya n kagak prnah bosennn…!!! KEREN BANGETTT…!!!

  74. boedy Sang Alang said

    w dah baca buku ni berulang2 tapi gak bosen….
    sekarang w cuma pengen mendaki MAHAMERU dg sahabat2 w seperti yang d lakukan 5 sahabat

  75. TsuHaRa_arya meong" said

    wuah…
    sumpah keren banget…

    kbawa bgt gw sama critanya … jd kehayal gtooo.

    tokoh genta nya.. perfect banget…
    novel yang bener2 keren ‘n wajib d baca n…

  76. gw jg dah baca buku ny…
    bnyak peljaran yang bsa gw ambil dr buku itu, ttg kyakinan, mimpi, kepercayaan, n tentang asyik nya persahabatan

  77. sungguh luar biasa

  78. atmie said

    mou bca novel yg gag bikin bosen……..?????????

    5cm novel na………

    I LOVE YOU 5CM
    :-D

  79. enonk said

    moga aja ntar nasibnya ‘naik layar’

  80. arvina said

    suka tokoh Zafran yg ngebut TA
    jadi inget diri sendiri juga lagi ngebut TA tapi bedanya klo Zafran ngebut di akhir dan saya ngebut di awa lbiar g buru-buru pas mau seminar dan sidang..

  81. dwifi said

    kerennnnnn
    5 cm penuh inspirasi n motivasi….
    novel terbagus yg pernah aq bca..
    salut dech
    indonesia bgt

  82. elsi saja said

    saya nangis tiap baca buku ini,
    tak pernah saya temukan persahabatan seperti ini, dan perjuangan mereka untuk mencapai cita2….
    salut untuk penulis, mudah2an mengeluarkan novel yang inspiratif lagi…..

  83. hendriansyah said

    ceritanya seru….,,,da tegangnya juga,,,,jdi pengen merasakanya

  84. cHILA* said

    KAPAN AKAN TAYANGNYA <,,,,,,,,,,,,,,,,,,< AKU TUNGGU Y????????????????????????????????

  85. 5cm punya banyak sisi edukasinya.. i love it.
    that’s cool :)

  86. retno putry wulandari said

    akkggghhh keren bangeettttt…
    gada bosennya baca ni novel

  87. like this pokoe roso…roso….

  88. like this….

  89. arshee said

    novel nie sangatt baguss,,
    saya gk bosen baca’nya juga,,,
    very” good…

  90. ningsih said

    baca noveL 5cm ini membuat imajinasikuu berjalan, membayangkan betapa indahnya mahameru itu..

  91. aku jadi pengen ke puncak mahameru,,,
    the best bgt dah nee novel

  92. syahrul said

    punya gw ilang novelnya sekarang kalo mau beli dimana yah?????

  93. rudi salam said

    teman2 ada yg thu ga’ buku ini bisa d temukan dmn…..kalau ada tolong hubungi saya ya..RUDI SALAM…085664324841

  94. janwardisan said

    lumayan keren :D

  95. Elisa Betharia said

    Yg guwe suka dalam buku ini adalah ungkapan-ungkapan kocak ala anak jaman sekarang. plus rasa persahabatannya yg kuat.

    tapi kalo masalah cerita, guwe minta maaf.
    kurang berkesan aja rasanya.
    gw baca dr awal ampe mereka pisah gak temu selama tiga bulan. ( bab 3 kalo gak salah )
    abis itu langsung loncat ke bab akhir karna bosen. soryyy :( cuma coba jujur :(

    guwe juga gak suka ama endingnya.
    guwe bener2 bayangin riany bakalan nikah ama Genta, bukannya ama Zafran (gak cocok rasanya)

  96. 5 KM said

    kok mirip 5 cm per second yah??
    pesan moralnya mirip banget, cuma beda poin cerita sama ending aja

  97. casper said

    novelny keren abis..
    tp,ada yg bisa ngasih tau download e-booknya dmn gak?

  98. BAYU MAHAMERU said

    ni buku menjadi motivasi wat smua yg membaca..,

  99. Ersi Risma Wanti said

    5 cm is the best.. !!!

  100. Film yang memberiku inspirasi untuk langkah ke depanku,,,

  101. judex judi said

    Beberapa Foto Ranu Kumbolo: https://www.facebook.com/media/set/?set=a.1026471153743.2005369.1584219331&type=3

  102. My brother recommended I might like this website.
    He used to be totally right. This submit truly made my day.
    You cann’t consider simply how a lot time I had spent for this info!
    Thanks!

  103. kira2 masih ada gx ya novel nya??
    aku jd pingin baca

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: