Scooterboyz Bertutur

Hanya sekedar blog biasa

Catatan Perjalanan: Hanoi, Vietnam

Posted by scooterboyz pada Januari 22, 2009

Setelah semalam kita di Malaysia (macam lagu jaman dulu aja,semalam di St. Carolus), kita melanjutkan perjalanan ke Hanoi, Vietnam. Kita disana mulai tanggal 17-21 Januari, waktu yang kita kira cukup lama untuk mengeksplor Vietnam, sebab kita ga banyak dengar orang Indonesia pergi ke sana. Ternyata, amat sangat kurang sekali dengan waktu segitu kita ke Vietnam, Vietnam sangat indah dan bagus menurutku, eksotislah, cocok buat couple,hehehe.. Banyak turis juga ternyata disini. Gilak, keren abis disini, liat aja foto-fotonya disini dan disini.

17 Januari 2009

Penerbangan dengan Air Asia AK 762 ini adalah salah satu penerbangan paling lucu yang pernah saya alami. Kocak bener, karena isinya kebanyakan orang Vietnam yang mau balik ke negaranya dan sebagian besar dari mereka (maaf) rada ndesit,hehehe. Rame bener di pesawat macam naik metromini ke Blok M. Mereka foto-fotoan di dalam pesawat, ngobrol sambil teriak-teriak dan macam-macam lagilah. Trus waktu pesawat mau landing, mereka duduk sebentar,pake sabuk pengaman dan sesaat kemudian, saat pesawat menukik kebawah, mereka berdiri dan foto-foto keluar pesawat :mrgreen:, sampe-sampe pramugarinya pada bingung gitu. Saat pesawat baru menyentuh tanah, mereka sudah langsung berdiri gitu, ngambil tas dan lain-lain (tentunya foto-fotoan juga,hehehe). Kocak benerlah,sampe ngakak sendiri aku

Kita sampai di Bandara Noi Bai, Hanoi, Vietnam, sekitar pukul 18.30. Langsung kita lanjut keluar untuk menuju imigrasi. Cukup ngeri juga buat orang macam saya ini yang sering bermasalah di imigrasi. Kita ngisi Departure and Arrival Card sebentar dan langsung ngantri di loket imigrasi, rame bener.Abis itu pas giliran sigit, ga ada masalah (seperti biasa) dan pas giliranku…………………..ndak ada masalah juga, Alhamdulillah,tumben-tumbenan banget,hahaha..

Setelah dari baggage claim, kita keluar dan nukerin duit ke VietNam Dong (VND). Disini kita berasa kaya, sebab US$1 sama dengan 17.000 VND. Asiiik..(tapi percayalah,ini cumin kesenangan sesaat,karena barang-barang disini cukup mahal,hehehe). Trus kita liat taksi ke Hanoi,alamakjang,500ribu boy!! Untung ada temen kita yang sangat baik, Lan Nguyen, jemput kita. Kesan pertama di Hanoi : INDONESIA BANGEEEETT!!!

Suhu udara disini cukup dingin, karena sedang berada di Winter Season (Hanoi ada 4 musim). Tidur pertama kita, DINGIN PISAN!!

18 Januari 2009

Suhu udara masi amat sangat dingin sekali banget, mungkin sampe 10 derajat Celcius. Lan Nguyen, temen kita sekaligus host di Hanoi ini, ngajak kita jalan-jalan keliling kota. Aseeek…

Pertama,kita menuju ke Văn Miěu,Temple of Literature, “Universitas pertama di Vietnam”, klasik dan sekarang sudah menjadi bagian sejarah saja. Disini dibagi jadi beberapa bagian, ga inget apa aja,orang namanya aneh-aneh gitu. Pokoknya bagus benerlah disini, klasik dan kebetulan lagi ada rehearsal buat pertunjukan menjelang Lunar New year disini. Ada banyak patung-patung, sangat indah. Disini juga ada daftar nama-nama “Doctor” yang lulus dari “Universitas” ini, namanya ditulis di batu gitu, kaya prasasti,dan di dasaran batu itu ada patung kura-kuranya, itu katanya symbol buat long-life dan apalah itu.

Setelah itu kita menuju ke Ho Chi Minh City Mausoleum. Keren bentuk bangunannya. Kata Lan, disini selalu ada prosesi penaikan dan penurunan bendera di pagi dan malam hari. Saat itu ada marching dan nyanyi-nyanyi lagu-lagi nasional. Di hari terakhir kita ke sana pas penurunan bendera. Selama waktu-waktu biasa, ada sekitar 9 orang tentara berbaju putih yang berkeliling dan berpatroli, mereka jalan sangat teratur dan selalu menginjak tempat yang hampir sama setiap putaran. Nicelah..:mrgreen:

Lalu kita menuju ke Ho Tay aka West Lake, danau terbesar di Hanoi. FYI, di Hanoi ada sangat banyak danau untuk berbagai kepentingan. Disini bagus juga, dan kita makan di pinggir danau. Kita makan Shrimp Cake, kirain apa,ternyata mirip bakwan,hehehe. Trus kita menuju ke Hoan Kiem. Itu daerah yang paling saya suka di Hanoi, sangat romantis,nanti kesana sama istri ahh..:mrgreen:..Kita ngopi di Highlands Coffee sambil liat pemandangan danau. Keren abis, apalagi kalo malem disini.

Malamnya, kita lihat live jazz,yang maen itu salah satunya Minh, salah satu pemain jaz dan sax paling terkenal di Vietnam (katanya sih) dan kebetulan banget, pas kita kesana pas ada si Minh, padahal dia ga tiap hari maen. Kita kesana bareng-bareng sama Land an Duong (ada yang tau bacanya?Bacanya itu Zung,anehh tapi nyata). Keren abis, setelah Minh, ada beberapa ekspatriat atau tourist yang jam session disana, kerennya minta ampun. Kalo mau liat videonya, bisa langsung ke saya,hehehehe..Abis itu,tiduuuuurrrr…

19 Januari 2009

Hari ini kita menuju ke Ha Long Bay. Disini saya ga bisa banyak cerita,silakan liat aja foto-fotonya disini. GILAK, BENER-BENER GILAK!!(pake K)..Keren buanguet!!Kita kesana bareng sama tour travel, bayar US$30,mahal sih,tapi worthed banget. Perjalanan diawali naik bus ke Ha Long Bay selama kurang lebih 3 jam, tour guidenya kocak bener, kalo ngomong lucu banget, ada 3 kata yang aku inget bener dia ngomongnya lucu, yaitu Soya (maksudnya Soldier), Quecien (Question) dan Engliks (English). Abis itu perjalanan dilanjutkan dengan kapal menuju Gua dan berputar-putar sampai kira-kira 4 jam lebih di kapal. Abis itu pulang. Untuk apa yang diliat disana, sile liat di link diatas. Oiya, ada pepatah yang terkenal diantara turis-turis yaitu “Belumlah kamu ke Vietnam apabila belum ke Ha Long Bay” dan itu artinya saya udah ke Vietnam..:mrgreen:..Abis itu kita pulang naik bus lagi.

20 Januari 2009

Ternyata baru sadar, ini full day kita terakhir di Vietnam. Sedih juga. Belum puas soalnya. Hari ini diawali dengan kita makan Vietnamese Noodles di pinggir jalan dan ini yang bener-bener tradisional. Enak GILAK (pake K lagi), mungkin ini makanan paling enak di Vietnam dan mie paling enak di dunia (sius ini, ga hiperbol:mrgreen:). Setelah itu kita ke tempat orang jualan silk Vietnam, sigit dapet titipan dari ibunya yang minta dibeliin ini dan saya sekalian beli oleh-oleh buat nenek di Jakarta. Setelah itu kita muter-muter dan kembali sebentar ke rumah buat makan dan dilanjut pergi lagi ke tempat kopi di atas West Lake. Ada fotonya juga, liat aja.. Hari ini kita jalan-jalan full naik motor barengan Lan, Linh dan Duong. Setelah ngupi-ngupi kita liat prosesi penururan bendera di Mausoleum, telat sih, tapi masih kebagian buntutnya.

21 Januari 2009

Setegah hari terakhir ini diabisin di rumah ajah. Packing, ngenet dan macem-macem. Setelah itu kita makan di rumah neneknya Lan (nenek yang sangat baik dan perhatian) dan lalu dilanjut ke bandara. Jam 3 kita dari Hanoi, Jam 4.15 kita sampai Noi Bai Airport, jalan-jalan-jalan-jalan dan jam 5 kita check in dan jam 6.45 kita boarding. Ga ada masalah di imigrasi, hehe.. Karena masi ada sisa cukup banyak uang Dong dan lupa ditukerin, akhirnya saya beli coklat buat oleh-oleh, entah oleh-oleh buat siapa (kemungkinan besar buat diri sendiri..:P

Kesan-kesan

Hanoi tempat yang sangat indah. Kurang bener kalo cuman kek kita ini, cuman berapa hari. Harusnya minimal 1 minggu kita disini. Kalo ada waktu kurang lebih 2 minggu disini, kita bisa ke Hoi An, Hue, Ho Chi Minh City, Mekong Delta, Sapa (disini ada salju) dan banyak tempat lagi. Waktu kaya sekarang ini cukup tepat buat ke Hanoi, rada dingin tapi ga menusuk, sebab kalo panas, disini bisa sampai 40 derajat lho!!Oiya, Hanoi itu 4 musim, banyak yang ga percaya waktu dibilangin..<_<

Orang Vietnam sendiri baik-baik dan polos-polos. Mereka dengan senang hati membantu, tapi selalu ada 1 masalah : mereka dikit banget yang bisa bahasa inggris. Pembangunan di Hanoi cukup banyak, kayanya dalam waktu satu atau dua tahun lagi, kalo Indonesia tetep gini, Hanoi bakal menyamai. Perkembangan sangat pesat. Terus, ada satu hal yang ga bakal ditemuin di Indonesia, lambing palu arit aka komunis bertebaran dimana-mana. Vietnam adalah Negara yang cuman ada 1 partai, yaitu partai Komunis.

Bahasa Vietnam cukup sulit dipahami, selama disana, tidak tau 1 kata pun, kecuali XeOm (Xe artinya motor dan Om artinya peluk) aka motor peluk aka ojek..:P..Motor disini sangat banyak, ya macam di Indonesia aja. Jenis motornya pun sama, walau merknya beda. Wave disini sama dengan Supra di Indonesia. Plat nomernya pun cuman 1 di belakang doing.

Walau 1 Dong itu lebih kecil dari 1 Rupiah, harga disana cukup mahal-mahal, 100ribu itu bisa hilang entah kemana dalam waktu sekejap. Menurut saya lebih murah di Malaysia daripada di Hanoi.

Nilai saya buat Vietnam sejauh ini : 9/10. Saya InsyaAllah pasti balik kesini kalo ada duit, buat eksplor lebih jauh. Kayanya lebih asik kesini sama istri..-_-..

Daritadi kan yang dibahas bagus-bagusnya doing, sekarang apa kekurangannya. Di Hanoi, lalu lintas lebih fakin daripada di Indonesia, banyak orang yang gila-gilaan kalo mengemudikan kendaraan dan keknya ga ada yang takut mati. Ugal-ugalan bener, tapi ga ada yang saling emosi walau senggol-senggolan kalo naik motor. Sama satu lagi, KLAKSON!!Ga nguatin bener, semua orang suka bener sama klakson dan ngebunyiin berkali-kali,kadang tanpa ada tujuan yang jelas. Mana bunyi klaksonnya lebih keras lagi. Beuh.. Total decibel atau apalah, intensitas bunyi klakson disini dalam sehari, bisa-bisa kek di Indonesia dalam waktu 2 minggu,hehehe..Sius ini, percaya ga?:P

Jadi, pesan saya : Kunjungilah Vietnam dan berilah waktu yang lama buat jalan-jalan, saya nyesel banget cuman sebentar disini.

(Ditulis di bandara Noi Bai dan KLIA sambil nunggu pagi buat jalan-jalan di Kuala Lumpur)

46 Tanggapan to “Catatan Perjalanan: Hanoi, Vietnam”

  1. Meri berkata

    kekeke…ndesit itu apa rif? btw, awa ngelink ya :P Klo bisa tambahin blogroll km sm Busby SEO Test di http://umpcinfo.com/gladioolers/ Makasi bos…

    • UMIE berkata

      uuups,kebetulan sy bs fasih bhs vietnam klu teman2 perlu bantuan kontek2 Ja…

    • UMIE berkata

      unk teman2 yang muslim,sebaiknya hati2 semua makanan di vietnam hampir 90 % mengandung minyak baby ,terutama mkn pho nya kuah nya menggunakan tulang babi makanya terasa lezat hee…hee…

  2. mbelgedez™ berkata

    .
    Vietnam emang keren boss…
    Sayah pernah ke sanah 2005 lalu.

    Kotanya cukup rapih. Kalo maen juga ke Ho Chi Minh, ituh yang namanya motor berlalu lalang kayak laron. Lebih parah dari Jakarta….

  3. Ryan berkata

    dulu saya pernah ke VN tp cuma Saigon, nyesel bgt ga sampe Hanoi, soalnya waktu itu buru2 pengen ke Kamboja sih, hehehe.. Saigon sih panas, banyak motor, waktu ke sana Juni 08, lagi musim hujan.. mau jalan2 susah krn ujan lebat..
    di Hanoi kl lagi winter sedingin apa sih? di Indonesia ada bandingannya ga?

  4. scooterboyz berkata

    @Mbelgedez
    Hihi..Emang sih katanya HCMC rame banget..

    @Ryan
    Kalo pas puncak,bisa <10 derajat ceunah..Kalo kemaren waktu saya kesana, ya sekitar 13-15..Kalo malem..Beuh..

  5. Ryan berkata

    duh, udara luar (bkn AC) 20 derajat aja sdh dingin banget, 13-15 kaya apa ya? hahaha

  6. didut berkata

    hmm..jadi pengen *demn*

  7. urip berkata

    ulasan yg menarik pak cik.. itu foto2 sampeyan yg jepret :D ?

  8. micha berkata

    mo nanya dong, guw mo ke hanoi may nanti…
    kalau untuk makan itu kira2 bisa habis berapa yah disana??kayak makan mie dipinggir jalan, atau makan di restoran….perorangnya bisa habis berapa?
    Trus kalau beli sutra itu mahal gak??berapa yah kira2 harganya?

    Thanks

  9. cahyo berkata

    tahun 2007 saya juga ke Hanoi, mirip dengan perjalanan anda. ditemeni temen lokal orang hanoi jg

  10. Lau berkata

    Cerita anda bagus sekali….dilengkapi dengan foto – foto yang anda tampilkan membuat saya ingin kesana untuk langsung menikmati keindahan dan budaya vietnam…

  11. Lily berkata

    kalau perjalanan dimulai dari hanoi menuju ke ho chi minh tepat ngak jalurnya?

  12. Lily berkata

    maksudnya dari kl-hanoi-ho chi minh-kl atau kl-ho chi minh-hanoi-kl

    • scooterboyz berkata

      Lihat aja yang tiketnya murah..

      Kadang lebih murah ke hanoi,kadang lebih murah ke HCM..Soalnya dari hanoi ke HCM dan vice versa, bisa naik kereta, tiketnya harganya sama..

  13. ayu berkata

    dear mas,

    aku blh hubungin mas gak? mau minta advice dan banyak tanya
    krn ada rencana kunjungan ke hanoi vietnam

    thanks yaa, ditunggu kabarnya..

  14. chltea2 berkata

    salam kenal mas scooter,
    kami ber-5 ada rencana ke vietnam.. cuma karena sok tahu pengin cari yg murah kami ambil tiket promo air as*** tiket pulang balik jakarta-ho chi minh
    setelah searching internet ternyata hanoi-ho chi minh jauh banget.. Mohon saran mas Scooter neeh, adakah perjalanan kereta atau bus dari HCM ke Hanoi vice versa..? Bisa googling dimana..? Atau dari jakarta ini bisa dipesan dulu nggk..?
    terima kasih banyak sebelumnya atas cerita di atas.. very interesting..

    • ayu berkata

      ada , pake bus tp jauh sekali lhoo.. bisa seharian atau dua harian, mending book pake jet star aja.. US51 – US56 hemat waktu dan cocok untuk yg perjalanannya singkat. kl waktu perjalanan punya wktu banyak, silahkan baik bus, lbh hemat :)

  15. lovelyana berkata

    Wah keren2 banget fotonya…
    Saya nyesel dong, yah beli tiket ke Ho Chi Min.
    Abis kalo di-liat2 lebih keren di Hanoi :o(
    Kasih tau donG, KALO mau ke Hanoi dari Ho Chi Min, yg murah naek apa, yah??

  16. [...] Komentar Terakhir Jajaja 2010 Part 1 :… di Catatan Perjalanan: Kuala Lump… Jajaja 2010 Part 1 :… di Catatan Perjalanan : Singapore… thalib di 5 CM : sebuah novel ame di Catatan Perjalanan: Kuala Lump… lovelyana di Catatan Perjalanan: Hanoi,… [...]

  17. [...] melakukan perjalanan untuk refreshing. Januari tahun lalu, saya pergi ke Singapore, Malaysia dan Vietnam. Tahun ini perjalanan dilakukan di dalam negeri saja, selain karena kemampuan finansial sedang [...]

    • aminah berkata

      assalammualaikum
      tawaran istimewa ke anda datang ke vietnam dari 20june hingga 31july 2010 sila kan masuk tengok blog ok . wwwsinamalaysia-sina.blogspot.com/

      anda cuma book saja . bayaran anda minah akan ambil di vietnam ! terima kasih

  18. duan berkata

    Halo :-)

    saya ada rencana ke vietnam bulan ini atau bulan Juli (2010). Informasi yang paling penting yg sedang saya cari adalah masalah sirat/izin/visa dsb. Kita tau bahwa mengunjungi asean countries gak perlu visa, tapi apakah kita langsung aja terbang ke sana? takutnya pas udah sampe sana, eh harus ada surat/persyaratan khusus/tambahan ini itu, trus di bandara di bandara ho chi minh di tolak.. kan rugi besar… saya coba call kedubes vietnam, tapi koq gak diangkat2..

    Informasi “practicalities” ini tidak saya temua di blog anda.. sayang sekali.. :-(

    • aminah berkata

      assalammualaikum
      tawaran istimewa ke anda datang ke vietnam dari 20june hingga 31july 2010 sila kan masuk tengok blog ok . wwwsinamalaysia-sina.blogspot.com/

      anda cuma book saja . bayaran anda minah akan ambil di vietnam ! terima kasih

  19. aminah berkata

    http://wwwsinamalaysia-sina.blogspot.com/ sila kan semua tengok tour ini minah buat untuk ke orang malaysia di HCM dan HANOI . tolong kan send blog ini untuk kawan mana nak datang . thank’s

  20. rica berkata

    mau tanya dong, dari ho chi minh ke hanoi naik kereta brp jam ya? hehe

  21. prima saidah berkata

    bagus juga yah pemandangannya dan jempol buat fotograpernya, keren hasil jepretannya. good job. :)

  22. mary berkata

    hai..salam kenal..mau tanya waktu ke halon bay pake travel apa ya? bole tau nama travel dan kontaknya? thank’s before

  23. Pertengahan september ini, rencana crossing Vietnam dalam 10 hari, bro, dan cerita lu ini, insprasi gw untuk bisa dapat spot turistik. keren, dan memang selama ini banyak orang bilang vietnam itu keren abissssss. wish me luck

  24. gadisrakus berkata

    nice posting, sebelumnya saya udah pernah ke hcm dan akan mengunjungi hanoi dan halong bay maret bsk…informatif nih postingannya, seenggaknya dapet gambaran :D

  25. muhamad eward berkata

    wah kata saya sih masih jauh bagusan bali am alombok saya juga pernah ke ho chi min n hanoi biasa aja tuh bagusan bali n bandung n lombok pkoknya tak seindah tanah airku lah

  26. emmoy berkata

    Btw ceritanya brasa asik yaa sampe gak baca tuw klo dihanoi juga banyak taksi dan hotel cheating . . . Btw boleh dong minta cp. Lan nguyen rencananya antara jan to april gw mo kesana. Lg nyoba ngeset waktu dan perjalanannya, klo ada rekomendasi tempat yg harus dikunjungi sampe ditemenin orang baik kya yg eloh cerita kan sedikit lega bos . . . Tq yaa

  27. UMIE berkata

    uuups…klu teman2 ada yg butuh bantuan kontek2 sy ja.kebetulan sy bs bhs vietnam beberapa kali jd translater di jakarta dan di hanoi….

  28. UMIE berkata

    oh ya kalau teman2 mau tanya info2 tentang vietnam boleh hub sy di no hp. atau bbm sy pin 32593510, on line 24 hour,i will be your friends,ok good luck.

  29. Nurul berkata

    foto2 nya keren abisss …. jadi kepincut ke Hanoi , ada info rumah makan muslim ( halal food ) ???

  30. shellahudaya berkata

    Keren banget euy…pengen banget ke sana tapi blm dapet harga tiket yang “manusiawi”, hehe…jadi kalau dari malaysia ada flight langsung ke Hanoi ya? Sayang dr Jakarta baru ada rute ke HCMC doang… :( Kalau boleh tau, kmrn harga tiket flight KL-Hanoi pp berapa? Hehe…bisa jadi salah satu alternatif nih…pengen main ke Halong Bay-AngkorWat… (¯﹃¯)

  31. mey berkata

    mau tanya dari hou chi min ke hanoi jarak’y jauh ga y

  32. This blog post Catatan Perjalanan: Hanoi, Vietnam Scooterboyz
    Bertutur, possesses genuinely excellent
    info and I discovered specifically what I was basically researching for.
    I Appreciate it.

  33. This is exactly the 2nd blog post, of your site
    I really browsed. Although I personally like this
    particular 1, “Catatan Perjalanan: Hanoi, Vietnam
    Scooterboyz Bertutur” the very best. Cya -Emilio

  34. winnymarch berkata

    boleh dicoba ini

  35. Pemandangan yang indah, pasti menyenangkan jalan jalan dinegeri orang. Thanks informasinya mas. Semoga sukses.

  36. I know this web page gives quality dependent articles or reviews and extra material, is there
    any other website which offers such data in quality?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: