Scooterboyz Bertutur

Hanya sekedar blog biasa

Selayang Pandang Sundanese

Posted by scooterboyz pada April 6, 2007

Seperti yang ente tahu,ane ini manusia solo yang lagi merantau kuliah di Parijs Van Java alias ibukota negeri Senda Bersatu alias Bandung. Seperti biasa, ane selalu meluangkan waktu untuk memperhatikan manusia-manusia di sekitar ane..Sekarang ane akan sedikit membagi pengalaman dengan ente semua,masalah apa yang ane dapet slama di bandung.

Sunda Jaman Doeloe

1. Makanan

Di bandung ini, kalo makan apa-apa yang pake kuah (soto,kare dkk),rasanya sama semua,yaitu manis..Kadang sampe bingung, makan soto,manis banget,trus tukar pake kare,loh,kok rasanya ga beda sama soto,aneh..Tapi kalo makanan yang ga berkuah, enak banget (batagor,siomay dll)

2. Cewe

Mesti kalo kenalan sama oorang di solo,jakarta ato manapun (termasuk kaskus),kalo cowo,msti tanya “Cewenya cantik-cantik ya??”,Aji gilee..Bahkan menurut mereka, cewe bandung itu cantiknya sampe ga bisa dilupain seumur hidup.

NB : Cewe Bandung emang OK kelas berat,tpi tolong jangan mencarinya di ITB,kurang tepat,maklum Institut Tanpa Betino

3. Omongan

Masalah ini pernah ane post di milis kasmaji..Beberapa keanehan mereka :

1. Ngomong kebolak-balik hurufnya (F ato V dengan P, J dengan Z&vice versa)

Contoh : Serpis Vintu Mobil, Mbah Marizan,Zablay, Fropider Internet,Zet Fump dll

2. Suka ngaco aja kalo ngemeng

Contoh : Nama ane jadi tabif (bayangkan coba,dia kenal aku sekali,dnger namaku,abis itu kirim email,jadi gitu lah)

3. Anjing bertebaran dimane-mane

Ane : Hei,bro,kenapa se orang bandung suka ngemeng anjing?

OB(Orang Bandung) : Soalnya disini ada beda antara anjing sama gukguk

Ane : Ape bedanye?

OB : Kalo gukguk itu yang kakinya 4, suka menggonggong

Ane : Kalo anjing?

OB : Anjing itu bisa naik motor,mobil,bisa jalan,bisa nyopet dll

Ow..Tenyata itu..Kalo anallisis ane, kata pisuhan yang paling sering diucapkan itu,pasti berhubungan sama bahasa daerah tersebut mengucapkan “saya”

Bukti : Basa Jawa : Aku jadi Asu

Basa Sunda : Aing jadi anjing

Logis??

4. Kalo diajak urusan,lemot banget,susah berangkatnya dan ga mau repot. Makanya di bandung ini banyak orang sukses,tapi bukan sunda. Semboyan Di ITB sudah mulai beralih, bukan “Jayalah ITB,Jayalah Indonesia” Tapi “jawalah ITB,Jawalah Indonesia”

5. Tapi suer..Orang sini baik-baik dan ramah sama orang lain. Ane pernah nanya jalan sama orang baik-baik, malah ga nyampe-nyampe,trus pas tanya sama preman,sampe digambarin peta segala..(preman itu mungkin lagi mabok,kok baik banget)

6. Orangnya bersih-bersih,rapi-rapi dan wangi-wangi (klo abis mandi) dan rumahnya pun walo kecil tapi selalu enak diliat..

Piss buat urang bandung..Ane bangga bisa ketemu kalian,indonesia emang beragam..Btw,ane masi mau buat tret tentang kedigdayaan orang jawa, termasuk sebagai pencipta bahasa pemrograman paling top, JavaScript

Info lebih lanjut tentang sunda sile cari di http://su.wikipedia.org/

Yah,mungkin itu dulu lah..Perut ane udah sakit,ada yang minta dikeluarin,lalu akan segera diisi lagi. Target hari ini : Nasi Gila depan Boromeus

Pesen : Janganlah kalian berburuk sangka pada orang lain,kecuali kalo anda menganggap oramng itu emang buruk

3 Tanggapan to “Selayang Pandang Sundanese”

  1. uknowme said

    wah2..
    yg tentang pisuhan itu melanggar copyright nya orang tuh, hayo ngaku anda quote dari sapa..
    pembajakan ni..
    dlm tenggat waktu 2*24jam dari ditulisnya comment ini, anda harus mengucapkan maaf di minimal 2 surat kabar internasional dan 3 station televisi nasional.
    otherwise, anda akan dituntut untuk meminta permisi meng-quote lewat YM (kok malah lebi gampang..wakaka)

  2. Hahahasiapa yak??Nolang ato totz??

    Soalnya percakapan ttg anjing itu sama totz,tapi ttg aing sama nolang..

    Ya deh..Maap..Tapi kan dulu belum dicopyright??Jadi nyabut aja..

  3. domix said

    Ah, BANDUNG KOTA GILA!! KAPITALIS!! TIDAK BERBUDI!! TIDAK HUMANIS!!

    ingat Boemz, dimulai dari Bandung, KITA HANCURKAN DUNIA !!!

Tinggalkan Balasan

 
