Scooterboyz Bertutur

Hanya sekedar blog biasa

Archive for September 16th, 2007

Mentari dan Perjuangan Mahasiswa

Posted by scooterboyz pada September 16, 2007

Sebuah lagu yang merupakan lagu perjuangan di kampusku dan semua anak himpunan pasti tahu lagu ini sebab ini sudah menjadi lagu wajib di kampusku. Padahal penulis lagu ini,Iwan Abdurrahman, juga bukan alumni dari sini loh,tapi anak-anak tetep bangga menyanyikan lagu ini.

Mentari

By : Iwan Abdurahman

 

mentari menyala disini
disini di dalam hatiku
gemuruhnya sampai disini
disini di urat darahku

meskipun tembok yg tinggi mengurungku
berlapis kawat duri sekitarku
tak satupun yg sanggup menghalangiku
menyala didalam hatiku

stanza:
hari ini hari milikku
juga esok masih terbentang
dan mentari kan tetap menyala
disini di urat darahku.

Masihkah lagu ini menjiwai jiwa-jiwa muda dari kampus ganesha??Sebuah semangat perjuangan yang tak pernah padam dari lagu itu,masihkah menjadi semangat kader-kader muda Ganesha ini??Jujur saja, itu sudah jarang terlihat,dari semua aspek kewajiban mahasiswa yang tercantum di tri dharma perguruan tinggi yaitu Pendidikan, Keilmuan dan Pengabdian Masyarakat.

Entah apa pendapatku ini hanya cerminan hasil pengamatan dari sekelompok orang (termasuk diriku) ataukah emang bener mahasiswa sekarang beda dengan yang dulu. Kalo ngliat perjuangan mahasiswa di masa lalu, kayanya sangat dominan sekali, bahkan mahasiswa bisa mengubah posisi pemerintahan. Sekarang?? Setiap demo selalu kacau dan tidak terencana,sehingga ga ada hasilnya. Itulah sebab kenapa aku tidak mau bergabung ke BEM, KM atopun yang sejenisnya, sebab sudah tidak ada lagi hasil nyata dari mereka, bahkan sekarang cenderung arogan.

Pernah sekali waktu, aku diajak untuk datang pada rapat sebuah organisasi gabungan kemahasiswaan Muslim se-Bandung, yang pada masa lalu, pada perjuangan Indonesia di masa Orde Lama, Orde baru dst merupakan organisasi dominan dan ternama. Aku sangat semangat waktu berangkat. Hasilnya disana??Berantem sendiri-sendiri antar universitas, semua punya pendapat sendiri yang HARUS disetujui. Aku cuma ketawa aja dan mlipir-mlipir pulang.

Perjuangan mahasiswa sekarang :

Demo di kantor pemerintah –> Nyanyi-nyanyi (we shall overcome dan mentari) –>Rusuh –>Pulang

HAsil demo?? Nihil..Entah pemerintanya yang anti kritik, ato mahasiswanya yang ga logis.

Tapi diatas semua itu, awa bangga jadi mahasiswa!!Cuma tidak bangga pada perjuangan mahasiswa yang sangat jauh dari impianku selama ini. Dan awa tidak bisa mengubah semua itu..

Oiya, di kampusku ada coretan menarik, mungkin dia orang yang merasa sedih dengan perjuangan mahasiswa yang tidak jelas juntrungannya. (terpaksa ada yang disensor, nanti ada yang protes 😀 )

OCoretan

Oiya,lupa nyantumin sumber..AKu ambil gambar itu dari http://brahmasta.net/ dengan sedikit editing..

Iklan

Posted in Coretan | 2 Comments »

Puasa : Untuk orang sahur atau orang beriman??

Posted by scooterboyz pada September 16, 2007

Tadi siang, ane ke rumah seorang kawan di kawasan elite, Cisitu Lama. Dia temen yang aku kenal kira-kira sejak setengah taun yang lalu. Orangnya baik banget dan seru abis.

Nah,td ada satu kejadian yang bener-bener ga ane sangka. Bulan puasa gini, tiba-tiba dia ngambil gelas dan minum,walo dia sudah sembunyi-sembunyi,tetep aja keliatan. Ane heran,kenapa dia yang jelas-jelas ane tahu seorang muslim,kok tiba-tiba seenaknya minum gitu di bulan puasa.

Setelah balik dari “misi rahasia”nya itu, (rupanya dia tahu kalo aku keliatan) dia langsung ngomong kalo tadi pagi dia ga bangun sahur, jadi hari ini ga puasa. Aku sungguh kaget denger argument seperti itu.Kok bias dia seenaknya gitu,ga puasa gara-gara ga sahur??

Langsung aku berpikir, sebenernya untuk siapa sih kewajiban berpuasa itu??Untuk orang yang bangun sahur ataukah buat orang yang beriman?? Sekarang kalau kita lihat dari sisi logika, bukankah Allah sudah memberi waktu sahur?Kalau dia ga make waktu itu,salah siapa coba?Dengan dalih bahwa ketiduran itu selalu tidak ada hukumnya,lalu bolehkah kita merelakan puasa??Dan yang paling jelas,bolehkah amalan sunnah(Sahur) menghalangi kita untuk menjalankan amalan wajib(Shaum Ramadhan)?

Kalau misalnya buat njagani kita ga bisa bangun sahur,kenapa kita ga makan dulu yang banyak di malam harinya sebelum tidur dan kalau bias bangun sahur,kita tinggal “nambal” kekurangan lapar itu..

Aneh kali dunia ini..Sangat bermacam-macam jenis manusia dan sangat tidak kusangka masih ada orang berpikiran seperti itu. Padahal beberapa hari yng lalu,aku melihat struggle seseorang yang bertekad mempertahankan puasa walau ga sahur.

Yah,apapunlah ini,aku juga bukan orang yang baik juga,jadi sama sekali ga bsa memprotes kebodohan seperti itu.

Posted in Coretan | Leave a Comment »

Cara menolak karyawan (Boso Jowo)

Posted by scooterboyz pada September 16, 2007

ISeng2 browsing,nemu ini..Lucu banget,buat yang ngerti bahasa jawa tapinya.. 😀 😀 😀

Monggo diwaca kemawon..

Diambil dari http://akuabi.multiply.com/journal/item/103/Guyon_Ala_jawa_Kiat_Menolak_Karyawan_Cara_Jawa

Alkisah di sebuah perusahaan besar di kawasan Keprabon, tengah melakukan beberapa tes wawancara untuk ” tidak” menerima calon karyawan baru. Tentu saja salah satu prasyaratnya adalah harus berbahasa EJD (Ejaan Jawa yang nDaksempurna)..

G : Kowe nduwe omah opo ora…..?
A : Dereng….
G : Wah kowe ora iso ketompo nang kene
A : Lho kok ngaten……..?
G : Mengko kowe mesthi ngajukne utang nang perusahaan.
A : Ah.. mboten, kok. Sak janipun tiyang sepuh kulo niku sampun sugih.
G : Yo malah ora ketompo
A : Lho kok ngaten…..?
G : Mengko kowe kerjo mung nggo hiburan, nongkrang nongkrong ae.

G : Kowe nduwe motor opo ora….?
B : Mboten.
G : Ora ketompo
B : Lho kok mboten ketampi?
G : Mengko kowe mesthi njaluk bantuan kredit.
B : Sak janipun gadhah, ning tasih ten kampung,gampil mangke kulo beto ngriki.
G : Wah malah ra ketompo….
B : Lho kok ngoten…?
G : Tempat parkire wis ra cukup.



G : Kowé wis lulus sarjana tenan…..?
C : Sampun, Pak….
G : Ora ketompo, kéné iki golék sing SMA aé, luwih manutan lan bén mbayaré murah
C : Sak janipun kulo tasih badhe skripsi
G : Malah ora ketompo…..
C : Lho, kados pundi, tho….?
G : Mengko kowé kerjo mung ngetik skripsi, lék wis lulus mesti golék kerjo neng perusahaan liyo.



G : Kowé seneng guyon opo ora?
D : Mboten pak, kulo serius yén nyambut damel.
G : Ra ketompo…..
D : Waa……kok ngoten?
G : Engko konco koncomu lan anak buahmu podho stress.
D : Sak jané nggih sekedhik sekedhik seneng guyon.
G: Malah ora ketompo.
D : Lho kok……
G: Engko kowé mung email emailan sing lucu…….



G : Kowé mau mréné numpak opo?
E : Nitih mobil
G : Kowé ora ketompo
E : Sebabipun?
G : Saiki BBM mundhak terus, mengko kowé njaluk mundhak bayar terus
E : Wo, kulo wau namung mboncèng, kok
G : Tambah ora ketompo
E : Lho, lha kok … ?
G : Mengko mung gawéné mboncéng mobil kantor. Ngrusuhi !



G : Anakmu akèh opo sithik?
F : Kathah pak
G : Kowé ora ketompo
F : Sebabipun ?
G : Nyambut gawemu ora jenjem, mung mikir gawe uanaaaaaak terus
F : Lha wong namung anak adopsi, kok.
G : Tambah ora ketompo
F : Lho, lha kok … ?
G : Gawé anak waé aras2en, opo manèh nyambut gawé



G : Kowé wis ngerti gawéyanmu durung ?
H : Dèrèng
G : Kowé ora ketompo
H : Sebabipun ?
G : Arep nyambut gawé kok ora ngerti gaweyané ?
H : Oo, nèk damelan niku mpun ngertos kok
G : Tambah ora ketompo
H : Lho, lha kok … ?
G : Kowé rak mung arep keminter, to ?



G : Kowe ngerti kahanan kantor k éné durung
K : Dèrèng
G : Kowé ora ketompo
K : Sebabipun ?
G : Arep nyambut gaw é kok ora ngerti kantoré ?
K : Wo, sekedhik2 mpun ngertos kok
G : Tambah ora ketompo
K : Lho, lha kok … ?
G : Kow é senengané ngudhal-udhal wewadi kantor, to?



G : Kowé kerep loro ?
M : Mboten
G : Kowé ora ketompo
M : Sebabipun ?
G : Mesthi kerep mbolos, wong arang2 gering
M : Wah, sakjanipun nggih asring
G : Tambah ora ketompo
M : Lho, lha kok … ?
G : Kantor iki ora nompo karyawan pileren.



G : Kowé biso main Internét?
N : mBoten
G : Kowé ora ketompo
N : Sebabipun ?
G : Perusahaan ora nompo wong BI (Buta Internet)
N : Wah, sakjanipun nggih saged
G : Tambah ora ketompo
N : Lho, lha kok … ?
G : Mesthi ora bakal nyambut gawé, kakèhan dolanan Internet, to? Ngenték-entekké pulsa !



G : Kowe waras opo ora?
O : Lha, kulo nggih waras to Pak.
G : Ra ketompo…….
O : Kenging nopo …..?
G : Mengko kowe mesthi ora krasan neng kene.
O : Niku rumiyin Pak, sakmeniko sampun rodo edan.
G : Malah ra ketompo……
O : Pripun to niki….?
G : Mengko aku duwe saingan……….

Posted in Coretan | 20 Comments »