Scooterboyz Bertutur

Hanya sekedar blog biasa

Musim Razia Polisi dan Cara Menghadapinya

Posted by scooterboyz pada Oktober 6, 2007

Buat yang berada di bandung(dan suka jalan-jalan), pasti merasakan,akhir-akhr ini di Bandung marak sekali Razia polisi buat kendaraan bermotor dan sasarannya anak muda. Fenomena itu terjadi berulang setiap tahun saat menjelang Idul Fitri. Polisi (yang ga jujur) mungkin butuh duit banyak yah buat Idul Fitri, jadi ngadain razia.

Kenapa saya bilang polisi yang ga jujur? Sebab, saat kita ditilang&minta sidang,mereka mempersulit itu dan selalu mereka minta kita “titip” duit di tempat. Dan tarif tiap polisi berbeda-beda untuk kesalahan yang sama, mungkin bergantung pada level kebutuhan keluarganya kali ye..😀 ..Selain itu,walau kita udah punya SIM&STNK lengkap, mereka kadang masi berusaha mencari-ccari kesalaham kita,seperti plat nomor palsu (padahal jelas-jelas ada cap polisinya),spion cuma satu ato kekecilan dll. Yang males itu lamanya urusan itu loh..
Saya sebagai seorang yang tidak punya SIM, udah beberapa kali ketangkep di bandung ini. Ada yang kena 10rb,20rb bahkan 40rb. Karena pengalaman berharga itu, ada sedikit tips&trick untuk menghindari razia polisi :

1. Saat kita melihat mereka (polisi) dan mereka belum melihat kita

Solusi : Segera cari jalan lain yang tidak ada polisinya

2. Saat kita melihat mereka dan mereka juga sudah melihat kita

Solusi :

1. Jangan pasang wajah panik dan takut,pasti kita jadi sasaran empuk kalo gitu

2. Pura-pura aja bego (Yang udah asli bego,jangan pasang tampang pinter) dan ga ngliat saat disetop, tetep tancap gas

3. Keluarkan pisau dan ancam akan membnuh secara membabi buta jika disetop

3. Saat kita sudah ga bisa melarikan diri lagi

Solusi :

1. Tetep jangan pasang tampang melas dan takut

2. KAlau dia menggertak,bales aja gertakannya

3. Kalo punya kartu pers,itu lebih baik

4. Tawar semaksimal mungkin. Minta tabel Denda tilang&jangan mau bayar kalo ga liat itu (kalo dirasa polisinya ga bisa ditawar)

5, KEluarkan pisau dan pistol,lalu ancam bahwa kamu akan menembak orang atau bunuhdiri jika tidak dilepas

Sekarang masuk ke cara yang serius(yang diatas juga serius,tapi versi skuterbois). Diambil dari www.transparansi.or.id, inilah tips untuk anda yang ditilang polisi :

1. Jangan panik, tenangkan diri Anda

2. Tepikanlah kendaraan anda

3. Siapkan SIM dan STNK

4. Kenali nama dan pangkat Polantas tersebut. Jangan hentikan kendaraan bila ada orang yang berpakaian preman mengaku sebagai Polantas.

5. Tanyakan kesalahan anda, pasal yang dilanggar dan berapa dendanya. Anda dapat meminta untuk turut melihat tabel pelanggaran yang dimiliki Polantas.

*Kadang ada yang ngomongin pasal abal-abal*

6. Cek apakah tuduhan pelanggaran Polantas tersebut benar atau tidak.

7. Bila tuduhan pelanggaran tidak benar, ajukan keberatan anda dengan sopan dan jangan tanda tangani surat tilang. Terimalah Surat Tilang tersebut sebagai panggilan sidang. Tanyalah tempat, hari dan jam sidang. Ingatlah kronologis kejadian. Anda akan beradu argumentasi dengan polisi tersebut di depan hakim.

8. Bila tuduhan pelanggaran tersebut benar, tanda tanganilah surat tilang. Tanyakan di mana dan kapan Anda harus membayar denda serta di mana dan kapan mengambil barang sitaan baik berupa surat atau kendaraan.

9. Jangan ragu-ragu untuk bertanya bila ada sesuatu yang tidak Anda ketahui atau tidak beres pada Surat Tilang.

10. Laporkan perilaku oknum polisi yang tidak memenuhi prosedur. Anda dapat hubungai Dinas Penerangan (Dispen) POLRI di nomor telepon 5234017, 5709250 untuk ketarangan lebih lanjut.

11. Jangan mencoba untuk menyuap Polantas. Anda dapat dikenakan sanksi untuk usaha menyuap pegawai negeri.

Untuk mengetahui tabel denda tilang dan kesalahannya bisa liat disini. Kalo diliat dari situ, kita ga bawa SIM itu harusnya cuma kena 25ribu rupiah dan tidak ada tilang polisi untuk motor yang lebih dari 25ribu..Itu aja yang berlaku di DKI Jakarta,gimana kalo di daerah??PAstinya lebih murah..
Gimana ini??

Related Links

Cara Menghadapi Tilang 

*no offense buat siapapun*

4 Tanggapan to “Musim Razia Polisi dan Cara Menghadapinya”

  1. aJOemOni said

    Hehehe.. Lucu. Hari gini gak punya sim? hhihi.. makanya bikin sim dong ah.. Hihihi.. Lucu.. lucu..

  2. Bukan masalah itu,SIMku udah expired,mau bikin,repot abis,lha wong aku alamat dan semua-semua berdomisili di solo..

    Sedangkan sekrang belum pulang ke solo..Jadi blm bisa perpanjangan..

  3. mcdamas said

    Halo om Skooterboys, aku juga skooterer lho. Soalnya pake skooter itu aman, anti maling dan kelihatan kere. Jadi kalo di jalan “alhamdulillah” gak pernah dicegat polisi. Padahal pengen juga. Tapi karena mereka pikir aku gak punya duit, ya dibiarin aja jalan walaupun sedang razia. Jadi, polisi itu merazia hanya “yang punya duit”. Anyway, tips nya boleh juga tuh. Ntar aku praktekin daaah

  4. Mas way said

    Saya sering di rajia tpi dor lewat (lepas) lawong saya komplit, mana brani tilang police

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: