Scooterboyz Bertutur

Hanya sekedar blog biasa

Surat Terbuka untuk Indosiar

Posted by scooterboyz pada Januari 22, 2008

Surat ini terinspirasi oleh kartun Benny and Mice di Kompas Edisi 20 Januari 2008. Sebenernya saya sudah lama mikir tentang ini, tapi saya pikir ii cuma perasaan saya ajah, ternyata bener.

Benny and Mice

Kepada Yth.

Pemilik dan Kepala Produksi Indosiar

Di tempat

Dengan Hormat,

Perkenalkan, nama saya scooterboyz. Saya adalah seorang mahasiswa kurang kerjaan yang suka menonton TV. Dan masygulnya, saya selalu menggunakan TV Tuner untuk menonton TV, jadi entah kualitas TV tuner saya yang buruk atau hal lain. Tapi bolehkan apabila saya mau bercerita sesuatu?

Saya sering sekali geli melihat siaran di TV bapak. Apakah tidak ada acara yang menarik atau cara menampilkan yang baik? Pada satu saat, isinya tentang legenda-legenda jaman dulu yang difilmkan. Kadang juga film modern yang tidak jauh dari hal-hal mistik. Kadang adalah cerita legenda yang dimoderenkan. Dan selain itu, isinya adalah acara reality show berjam-jam dengan acara yang norak dan tebar mimpi. Dan salah satu yang membuat saya geli adalah dubbing ga jelas dan animasi 3D yang kasar dan sama sekali tidak menunjukkan keahlian sang pembuat.

Pada film legenda jaman dulu, saya sangat menyambutnya dengan positif, keren banget masi ada yang mau muter film legenda dengan teknik-teknik animasi yang (menurut si pembuat) keren. Tapi tolonglah,pak, kalo bikin animasi yang agak halus dong!!Biar agak dihormati film anda itu. Ga kaya sekarang, saya sama sekali belum pernah mendengar pendapat tentang film itu kecuali cemoohan dan tertawa menghina. Selain itu, ga usahlah film legenda itu dimodernkan. Saya beberapa kali melihat film dengan setting modern, tapi menggunakan nama-nama legenda itu. Aneh sekali macem gitu itu.

Lalu masalah reality show. Sebaiknya anda membuat beberapa reality show yang bermutu daripada reality show norak yang diputar berjam-jam yang menurut saya tidak lain adalah eksploitasi tampang dan mimpi dan sama sekali tidak ada gunanya. OK,fine,anda mau membuat acara hiburan, tapi ang bermutu sedikitlah. Jangan memanggil kometator-komentator yang ga jelas juntrungannya. Mana acaranya lama banget lagi.

Selain itu, apakah tidak ada sih,pak,animator 3D yang bagus di Indonesia ini?Sampe-sampe baak harus menggunakan animator yang membuat animasi macem gitu, ga jelas dan adik saya yang masi SMP pun bias membuat animasi yang lebih bagus dari itu. Kalo mau, saya bisa kenalkan sama seorang animator 3D yang hebat kenalan saya. Terus kenapa sih harus didubbing?Jadi aneh aja film anda, udah ga jelas isinya, suaranya aneh pula.

Tapi lagi-lagi itu kembali ke pernyataan awal saya, bahwa ada kemungkinan TV tuner saya yang jelek, sehingga yang Nampak di layar saya adalah seperti itu. Apabila tidak, semoga ini menjadi pertimbangan anda untuk meningkatkan mutu siaran TV anda.

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Seorang penonton TV

 

scooterboyz

23 Tanggapan to “Surat Terbuka untuk Indosiar”

  1. deniar said

    Filem apaan sih? secrin sot donk. Maaf nih lama gk bergaul ama TV

  2. fauzan said

    Preview please …., jd inget forum sebelah.

    eh btw, film d dubbing itu buat cutting budget. jadi pos anggaran sektor audio bisa dipotong, sehingga harganya lebih murah. Itu jg katanya sih😉

    Dan emang gak rame sih acara2nya, hehehe…

    No offense bro.😉

  3. bsw said

    Heran sekali memang kalo melihat kualitas sinetron kita. Bayaran mahal buat aktor/aktris tidak diimbangi dengan bayaran mahal buat teknologi (spt animasi dsb).
    Sekali lagi kalimat sakti dari produser adalah “begitu saja sudah ditonton orang dan yg pasang iklan sudah bejibun kok, ngapain bayar mahal2 buat yg nggak perlu”.

  4. Kenapa saya ga ngasi skrinsut:
    1. Tidak ada hardware pendukung..😀
    2. Kalo saya kasi skrinsut, nanti ada komen “Hoi,skrinsutnya jangan diphotoshop dunk”,itu gara2 saking jeleknya animasinya..😀

    @Fauzan
    Apa ga kalo dubbing itu malah menggunakan beberapa layer dan waktu yang lebih lama?

    @Bsw
    Mental itulah yang harus dihilangkan..

  5. aer said

    sampah emang tuh pilem

  6. jaka said

    tapi kok ilannya bisa banyak bgt yach??

  7. Cynanthia said

    Saya cuma bisa ngakak pas ngeliat pelem sampah itu. Konyol.
    Parah dah, nggak hanya di Indosiar kayaknya. Di beberapa stasiun TV lain juga perasaan gitu (inget-inget dulu).😕

  8. aJOemOni said

    ih, skutelboys jangan nakal..
    gitu-gitu pelem yg suka ditonton eyangku..:mrgreen:

    mantablah.. basmi film gak mutu buatan dalam negeri..😛

  9. @jaka
    Bgitulah kalo jual tampang doang..

    @Cynan
    Saya ambil Indosiar karena itu yag paling parah

    @Ajoe
    Lama ga jumpa..😀

    Ajarin eyangmu nonton LOTR,I’m Legend ato sejenisnya..Pasti kerasa jeleknyua..😀

  10. *tendang ke forum Lautan Indonesia*
    😆

  11. fauzan said

    pokoknya mah yg penting murah,

    low budget + a lot of ads = $$$
    😉

  12. rani! said

    kalo saya paling g suka ama yg di dubbing..
    apaan sih..jadinya aneh banget..
    kalo yg reality show, emang sih kelamaan tapi cukup menghibur kok😛

  13. pandapotan said

    mungkin stasiun tv itu ga punya dana utk muterin pilem atau reality show yang bagus.😛

  14. Dicky said

    Ah.. mendingan juga ga usah nonton.. males… banyak film di rileks ini… lol

    Sekarang mah.. cari film aja di internet daripada nonton yang GJ kaya gitu

  15. ika said

    saya malah blas ndak pernah liat indosiar lagi, kecuali jaman sailormoon dulu pas masih sd,,hehe kalo sekarang sih sori2 aja liat tu tipi ndak mutu,jelek banget,ah payah deh,,isinya ngaco dan ga penting.. :p

  16. Ferry said

    sempat sebel juga tuh dengan sinetron legenda tapi settingnya modern. Sinetron Indonesia tuh nggak mutu, kadang penuh denga kata-kata yang tidak senonoh dan ceritanya yang mengada-ada. masih mending nonton Si Bolang dan Si Unyil di TV7…

  17. Enno dr said

    Animasi 3D nya adalah bukti dari kualitas animator indonesia, jika ada yg lebih baik… Kenapa nggak unjuk diri. Sering sih aku jg nonton felem legenda yg di modernkan itu, cuman sekilas aja ketika mindah-mindahin channel tv yg begitu banyaknya.
    Sepintas aku berpikir ketika melihat animasi 3Dnya yg bisa dikatakan (maaf) terkesan asal, rusak banget dan ga ada keativitasnya itu mampu menembus layar tv. Sebegitukah kualitas animator indonesia? Lalu apa kata dunia?. Banyak mungkin animator yg bisa lebih baik dari itu cuman mungkin ga ada kesempatan, mungkin juga krn masalah bayaran yg akhirnya bisanya cuma ngritik dan berharap mendapat project animasi 3D yg harganya sesuai dengan keinginan sendiri.
    Pernah aku pura2 menanyakan harga penbuatan animasi 3D dibandung, kualitasnya sedikit lebih baik dari film indosiar itu. Sedikit tercengan sih ketika tau harganya rp. 26jt untuk durasi 90 detik padahal aku bisa membuat yg lebih baik dan tidak semahal itu cuman dalam hal ini peluang untuk menunjukan kualitas diri ke publik belon juga ada. Hal lainnya setuju juga sih kalo realty shownya itu hanya mimpi belaka buat para pesertanya setelah melihat nasib yg gak jelas dari finalis dan juara dari program2 sebelumnya. Setuju kalo program yg ini jgn terlalu lama, krn bukan lucu sih jika ada ledekan2 antara komentator dan presenter apalagi yg menjurus ke arah fisik, anak-anak bisa niru tuh. Tengkyu… Cape ah…

  18. Dunia TV said

    Hahaha… Ini emang zaman uedan rek! Kemarin ada ikan mas raksasa masuk rumah.. Indosiar memang untuk Anda (maksudnya yang edan-edan) huehehehee

    Salam dari Dunia TV blog

  19. deniar said

    Yah mau gimana lagi, sekarang memang industri pasar harus mengikuti trend (pop) yang sedang merabak saat ini. Kalo gak, gak laku… ujung2nya gak menghasilkan duit terus bankrut….

    Yah memang begituah dunia entertaint, pula selalu mencari formula terbaru dan inovasi untuk menggaet pemirsa untuk betah menontonnya.

  20. aaaaaa said

    ya nih indosiar payah, ceritanya juga kacau

  21. k.a mania said

    indosiar udah sinetronnya jelek , diputar tiap hari lama pula

    udah saatnya nonton tv yg ada pengetahuannya dan berita yg bagus

    EXAMPLE:
    1.METRO TV
    2.TVONE
    3.TRANS 7 (KARENA ADA LAPTOP SI UNYIL)

  22. tina said

    tolong anda putar film korea 100 days wth mr.arrogant

  23. Nancy said

    Excellent blog right here! Additionally your site so much up
    fast! What web host are you using? Can I get your associate hyperlink
    to your host? I want my site loaded up as quickly as yours lol

Tinggalkan Balasan

 
