Scooterboyz Bertutur

Hanya sekedar blog biasa

Archive for Februari 4th, 2008

Musholla VS WC

Posted by scooterboyz pada Februari 4, 2008

Kemarin aku sama beberapa temen jalan-jalan ke SGM (Solo Grand Mall), salah satu mall termegah di Solo (katanya). Ke sana karena mau nonton, tapi bingung juga mau nonton apa. Akhirnya karena rekomendasi dari temen, kita nonton Radit dan Jani, film baru keknya. Masalah film itu, kita bahas di tulisan laen. Karena filmnya mulai jam 14.30 dan selesai jam 17.00, akhirnya kita langsung menuju ke Musholla untuk sholat.

Sampai di musholla, di lantai 4A SGM, saya bener-bener tertegun melihat sebuah fenomena yang sebenarnya sudah biasa. Pertama-tama, saya langsung ke tempat wudhu dulu tanpa melihat ke Musholla, wihhh,bersih banget tempat wudhunya. Saya sampe betah berlama-lama disitu, dibandingkan dengan tempat wudhu di mall-mall lain yang pernah saya kunjungi. WCnya juga bersih. Setelah itu, karena memburu waktu, akhirnya langsung saya ke Musholla. Sungguh shock saya melihat keadaan mushollanya yang sangat memprihatinkan.

Musholla2WC

Kata yang pertama terlintas di pikiran saya adalah “gudang”, baru kata kedua “Rumah Allah”. Kata kedua itu muncul Cuma karena saya melihat tulisan Musholla di depannya. Dan kata pertama muncul karena melihat keadaannya. Sungguh tidak pantas keadaan ruangan seperti itu dijadikan tempat ibadah untuk menghadap Allah. Masa tempat sholat kok kotor,panas, sempit, atapnya rendah, banyak pipa-pipa dll,sedangkan melihat WC yang bagus, bersih, wangi dll. Selain itu lokasinya juga di tempat parkir.

Emang ini kan udah menjadi fenomena yang biasa, tapi entah kenapa, saya masi sakit hati. Secara saya dulu waktu di Australia, sedang di rumah seseorang non-Muslim dan akan keluar untuk sholat, tapi ga boleh sama dia. Karena dia sudah sering kedatangan Muslim dari Indonesia, dia selalu menyediakan tempat satu ruangan megah khusus buat sholat. Gila ga? Kenapa kita di Negara Muslim ga bisa seperti itu. Bagi orang kita musholla cukup gudang yang diberi tulisan “MUSHOLLA”.

Saya langsung membahas ini bersama beberapa teman, termasuk ada seorang (calon) Arsitek juga disitu. Pendapat kontra yang timbul adalah :

1. Musholla bukan “core site” dari mall ini

Jawaban saya : Lah,apa sih susahnya menambah sedikit dana untuk musholla ato minimal “sedikit” memperindah musholla agar lebih layak. Minimal biar ga kaya gudang gitu.

2. Lebih banyak yang mengakses WC daripada musholla

Jawaban saya : Hoho..Kalo gitu,coba bayangkan di rumah anda, apabila kamar anda lebih busuk dari WC, apakah anda rela?Yang mengakses WC di rumah anda kan lebih banyak daripada yang mengakses kamar anda. Ini ruangan untuk bertemu Allah lho..

Yah, tak taulah apa pertimbangan sang Kontraktor dan pemilik mall itu, mungkin ada sesuatu yang kita ga tau. Semoga..

Posted in Coretan | 6 Comments »