Scooterboyz Bertutur

Hanya sekedar blog biasa

Training Think.Com

Posted by scooterboyz pada Februari 22, 2008

Saya sejak beberapa hari lalu sudah dikasi tau sama Sigit Adinugraha (Creative Designer of Think.Com, Oracle Education Foundation) kalo ada orang-orang Oracle Indonesia bakal ke ITB hari Selasa kemaren dan mereka pengen ketemu sekaligus saya mmau mengucapkan terima kasih atas bantuan mereka dalam mengurus kepergian saya ke San Francisco, November kemaren. Akhirnya jam 10, saya ke GKU Timur,tempat Oracle akan mengadakan career talk untuk menjelaskan tentang program mereka. Di sana saya ketemu sama Pak Adi J Rusli (MD Oracle Indonesia), Pak Robert M. Kayatoe (Bussiness Dev.), Ms. Sharon Lim (Campus Relation Oracle Asean), Ms. Elly (HRD,klo ga salah.. :D) dan Bu Nurul (Think.com). Saya jadilah ikutan career talk itu walau sebenarnya ga berkepentingan sebab belum waktunya kerja, tapi karena disuruh ikkutan, ya udah ga papa, minimal dapet makanan ama topi..😀

Lalu sorenya saya ditelpon sama Bu Nurul untuk ikutan acara besoknya di SMKN 4 Bandung dalam rangka pengenalan dan training Think.Com, portal pendidikan yang didirikan sama Oracle Education Foundation. Sekalian akan ada media briefing, yah, biar bisa kaya Om Roy Suryo, pakar IT paling jago di Indonesia(Ato Republik Mimpi Buruk yah?😀 ).. Berangkatlah saya,kebetulan adanya kuliah siang,jadinya saya bisa nongkrong di situ terus. Di sana saya juga bertemu beberapa orang “penting” lagi, Ms. Siriporn S. (PR Oracle Indonesia) dan  partner dari foundation, misalnya bu Maria dari Pesona Edu.

Mungkin buat orang Bandung yang punya SD ato SMP ato SMA yang berminat untuk mengikuti Think.Com, saya ada beberapa modulnya. Saya bukan aktivis disana,bahkan saya tidak ikutan disana, tapi kalo mau, saya bisa menghubungkan anda ke Bu Nurul atau Sigit. Think.Com adalah program CSR yang diadakan oleh Oracle Education Foundation untuk institusi pendidikan dari SD hingga SMA berupa portal pendidikan. Think.Com itu gabungan FS,blog atau seperti itu, tapi yang benar-benar didedikasikan untuk pendidikan.

Jadi, secara garis besar, untuk ikutan dalam Think.Com ini, pertama sekolah harus mendaftarkan diri dan menunggu disapprove dari pihak Think.Com. Approval ini akan diadakan setelah dipastikan bahwa institusi pendidikan itu benar-benar ada dan berjalan. Setelah itu, sekolah dapat mendaftarkan siswa dan gurunya ke sana. Selai itu, orang tua murid juga dapat memantau perkembangan anaknya di Think.Com ini. Para siswa diwajibkan untuk selalu mengurus konten dari “webpage” mereka dan dapat bekerja sama dengan siswa-siswa lain di seluruh dunia. Di Indonesia, sudah ada lebih dari 200 sekolah yang ikut dan ribuan sekolah dari world wide. Setelah mereka dapat berkolaborasi di Think.Com ini, biasanya perkembangannya adalah mengikuti Kompetisi ThinkQuest. Sebagian besar pemenang ThinkQuest adalah anggota dari Think.Com ini.

Think.Com ini sangat menarik menurut saya, sayang saat saya tahu tentang ini, saya sudah tidak dapat ikutan lagi. Mungkin kalo saya mendaftar, bakal ada tullisan “Masi berasa imut yah?”. Saya sarankan buat pengurus ato guru sekolah (kalo ada yang baca) untuk ikutan dalam kegiatan ini. Murni ini, ga ada unsur bisnisnya saat saya promosi ini, sebab kegiatan ini gratis dan anda bakal mendapat banyak keuntungan disini. Selain itu, siswa-siswa juga “dipaksa” untuk mengeluarkan kreativitasnya untuk mengisi konten-konten disini. Beberapa bulan lalu, ada kompetisi Think.Com ini di Indonesia dan Juara pertamanya adalah siswa kelas 5 SD dari SD Ciputra, Surabaya. Itu menunjukkan bahwa disini tidak ada batasan bahwa ank SD selalu kalah dengan SMP ato SMA. Asal kreatif dan benar, pasti anda dapat sangat berkembang disini.

Yang lucu, ternyata baru terbuka semua rahasia kenapa saat saya di US tidak ketemu sama orang Oracle Indonesia.Saat acara, pak Adi cerita, ternyata saat Pak Adi Rusli datang ke acara itu, dia bingung mau nyapa saya, takut salah dengan orang lain. Dikira saya imigran dari Iraq kali ye..😀 .. Lalu saat Ms. Siriporn menanyakan ke panitia, ternyata mereka diberi Muhammad A. (Muhammad Ayed dari Inggris) yang lain, bukan Muhammad A. saya..Ahahaha.. Apakah saya sebegitu tidak miripnya dengan orang Indonesia?:mrgreen:

Sayang saya belum dapet foto acara ini, semua ada di kamera pak Robert.

2 Tanggapan to “Training Think.Com”

  1. irvan132 said

    salut saya ama orang seperti mas arif ini.
    ditunggu lho mas training blogging-nya besok.😀

    -IT-

  2. risna said

    Mas boleh saya minta modul nya ga? saya lg mau nyoba ngulik thinkquest.
    makasih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: