Scooterboyz Bertutur

Hanya sekedar blog biasa

Selamatkan Indonesia!! (Bedah Buku)

Posted by scooterboyz pada Juli 5, 2008

Hari ini, saya dan bapak mendapat kesempatan dan undangan untuk menghadiri bedah buku “Agenda Mendesak Bangsa : Selamatkan Indonesia” karya Prof. Dr. H. Mohammad Amien Rais. Yang mengisi bedah buku ini adalah Prof. Dr. H. Mohammad Amien Rais (Narasumber), Ryan Sumindar (Moderator) dan tiga orang panelis dari berbagai bidang yaitu Dr. Kodrat Wibowo (Pakar Ekonomi Unpad), Ir. Dadang Muhammad (Pengusaha Agrobisnis Nasional) dan Prof. Dr. Ir. Deny Juanda Puradimaja, DEA. (Kepala Bapeda Jabar). Tajuk dari bedah buku ini adalah Kebangkitan Ekonomi Bangsa. Acara ini bertempat di Hotel Panghegar, Jl. Merdeka No. 2.

Kiri-Kanan: Dadang Muhammad, Kodrat Wibowo, Deny Juanda, Amien Rais, Ryan Sumindar

Saya sendiri belum membaca buku ini, tapi saya sudah banyak membaca reviewnya di Internet. Sangat menarik, seperti biasa, Pak Amien selalu lantang dalam memberikan pendapatnya. Tadi, kata pak Deny Juanda, buku ini bisa membuat amuk massa besar-besaran saat membacanya dan menurut pak Dadang, buku ini marah. Memang, sudah tidak heran lagi, biasa Pak Amien seperti itu. Kalo mau tau hasil lengkap dari bedah buku ini, kita cerita-cerita pribadi aja, ato baca koran bandung besok. Pasti ada, tadi banyak wartawan.

Beberapa kesimpulan yang bisa saya ambil dari pembicaraan ini adalah :

1. Indonesia sudah merdeka dan berdaulat.  Tapi satu kurangnya apabila dibandingkan dengan negara-negara yang mapan itu, yaitu kekuatan dan palang pintu pembatas yang kuat supaya intervensi asing tidak mudah masuk ke negeri ini. Tidak seperti keadaan yang terjadi seperti pada jaman Raja Amangkurat 1 dan 2 yang membuka jalan yang lebarbagi penjajah untuk masuk ke Pulau Jawa.

2. Permasalahan utama dari negeri ini adalah apa yang disebut “State Hijacking Corruption” oleh Pak Amien. Korupsi ini adalah korupsi yang mencengkram “tengkuk” kita tanpa memberi kesempatan kita untuk bergerak. Menurut Pak Amien, memang korupsi itu sudah tidak bisa terhindarkan lagi, memang pada setiap kekuasaan pasti ada korupsi,susah sekali untuk tidak. Tapi yang dicari adalah korupsi yang tidak “menyakiti” rakyatnya. Gimana coba caranya?:mrgreen:

3. Pak Amien juga memberikan beberapa solusi yang cukup menarik, untuk bidang ekonomi, yang paling menarik bagi saya adalah renegosiasi persetujuan-persetujuan yang merugikan rakyat. Beberapa persetujuan yang layaknya dibicarakan ulang misalnya adanya hubungan kerjasama antar korporasi asing dengan negara, seperti pada PT. FreePort Indonesia (walaupun tidak yakin juga saya, apakah freeport apabila kita pegang sendiri akan menjadi maju seperti sekarang.) Nah, masalah renegosiasi ini, ada banyak yang bilang, ini kan udah terlanjur. Menurut Pak Amien (saya kutip terus,sebab narasumber beliau), untuk perjanjian besar seperti ini, ada klausul yang terkenal bahwa perjanjian seperti ini harus dihormati dan ditaati. Tapi ada juga satu klausul yang setingkat dan sama kuatnya yaitu apabila perjanjiannya merugikan orang banyak (rakyat) maka dapat dinegosiasikan ulang (ada bahasa latinnya,tapi saya lupa😀 ).  Klausul terakhir ini yang banyak dilupakan oleh orang banyak.

Salah satu penanya menanyakan apakah Pak Amien mau jadi presiden lagi. Jawaban dari pak amien sangat diplomatis, “karena tidak ada yang mencalonkan saya, ya saya tidak maju. Wong partai saya aja sekarang ‘Hidup adalah perbuatan’. Kalau ada yang mencalonkan, ya saya maju”.  Eeeeaaaa…Kira-kira beliau mau maju ndak?:mrgreen: . Saya agak geli dengan ‘Hidup adalah Perbuatan’, walau dia tidak ngomong mau nyalon presiden, tapi sinyalemennya sangat kuat.

Sedikit selingan, waktu pulang, door prize diundi. Saya dan bapak saya kebetulan masing-masing dapet satu hadiah. Saya mendapat hadiah blender dan bapak mendapat hadiah juicer jeruk. Dan anda tahu siapa yang paling beruntung dari door prize ini? Jelas Ibu saya.. :mrgreen ..Sebentar lagi bakal banyak jus jeruk di rumah dan banyak jus-jus buah yang lain, hehe..

15 Tanggapan to “Selamatkan Indonesia!! (Bedah Buku)”

  1. iwanketch said

    good… good… memang menjadi kewajiban kita semua untuk menyelamtkan Indonesia dari gangguan apapun baik dari luar maupun dari dalam negeri… bagiku apapun yang terjadi Indonesia adalah tetap Indonesiaku…

    Kata Iwan Fals :
    “kata temanku, Indonesia akan sirna… tapi aku bilang tidak, karena aku terlanjur mencintaimu..!!!”

  2. yudz said

    mending kita ikutin cina aja, bikin 100 peti mati, sapa korupsi langsung tembak mati! koruptor harus dikasi SHOCK TERAPI. kalo ga gitu, ga bakalan abis koruptor di indonesia. nambah terus! bikin bangkrut negara dan rakyat.

  3. @yudz
    Sayangnya penegak hukumnya juga korup..Sapa dong yang menghukum mereka?:p

  4. andhy said

    Ah..pada kurang kerjaan, buku si Amin di bahas,
    Wong nyata2 dia ga ngapa-ngapain pas punya kuasa jadi ketua MRP..
    klise aja

  5. adi said

    orang yang namanya andhy itu bego apa guoblok?????????
    Baca dong undang-undang dasar, tugas MPR itu apa?

  6. @Andhy
    Jangan gitu dong..Apatis situ..:mrgreen:

    @Adi
    Woi..Jangan gitu juga..:rofl:

    Mungkin buat sedikit info,di UU itu tugas ketua MPR :
    1. MEngangkat presiden dan Wapres
    2. MEnyutujui amandemen UUD
    3. apa yah,lupa..kemaren pak amien bilang juga sih..:D

  7. suyanto londrang said

    saya sangat menyukai pak Amien Rais karena beliau pintar, cerdik dan teruji pada saat menjadi pejabat di Ketua MPR tidak ada melakukan koupsi, tetapi saya bingung kenapa masyarakat lebih senang memilih orang andap asor daripada yang jujur dan berani. apa ini artinya warna bendera kita sudah mulai memudar yaa? lambang merah dan putih sudah berubah menjadi coklat dan abu-abu. demi alloh saya tetap mendukung Pak Amien karena beluai memiliki kelebihan yang dibutuhkan oleh bangsa ini untuk menjadi maju, Insya Alloh Alloh Swt memberi kesempatan beliau untuk membenahi negeri ini, amien…

  8. armeyn said

    jadi inget film batman……kereeeeeeeeeeen… eh, salah yak,, hehehe..

    ya maksud gw kayak gitu,, semuanya udah KKN, jadinya susah untuk cari (dan jadi) orang benernya,,
    bisa jadi kita bilang bener, tapi ternyata dia ngga bener,, susah kan?

    mending urusin diri sendiri dulu,, udah bener belum kitanya? kata ketua jurusan saya ya, kita harus ngaca dulu, apakah kita udah :
    1. ngga nitip absen
    2. ngga nyontek
    3. ngga malu bertanya.

    kalo masih sih, yaaaah, benerin dulu diri sendiri laaahh,,, hehehehe..
    saya juga belum bener koooq.. =)

  9. ucup said

    korupsi tu enak,boss…
    pak amien lg gak ada kerjaan jd beliau nulis buku yang isi’y ejelekan” pemimpin indonesia/org yg bkuasa d’indonesia…
    coba pak amien nulis buku yg isi’y kejelekan” diri”y sndiri…
    bisa gak y???

    klo iy,,,,,,,,

  10. yiyi' said

    gak juga kuQ…. Lagian klo korupsi makin lama negara Qta tambah ancouuuuurrrr dunk….!
    bagyuz khan pak Amien kritis, buat kemajuan Indonesia juga khan!!!
    jangan komentar dunk’Z klo kamu gak bisa nglakuin!! mank kmu bisa bikin buku kayak gethoooo!

  11. ERIN said

    Memang susah kalau orang berbuat baik dijustis yang sebaliknya.
    Orang seperti Pak AMien seharusnya kita dukung, bukan justru mendukung orang yg merongrong dan merampas sumber daya alam kita..

    MARI KITA SELAMATKAN INDONESIA..!
    NASIONALISASI SEGERA PERUSAHAAN ASING YANG MELAKUKAN KOLUSI DENGAN PEMERINTAH YANG KORUP.

    • dyastyawati said

      Menyedihkaaann…!! pak Amien yg mengekspresikan rasa cinta ke tanah air ini kq malah dianggap sbg provokatif oleh sebagian org. Smentara yg mnjual aset bangsa dianggap sbg tokoh ato bhkan pahlawan. T_T

  12. de2ngkot said

    “seperti pada PT. FreePort Indonesia (walaupun tidak yakin juga saya, apakah freeport apabila kita pegang sendiri akan menjadi maju seperti sekarang.)”

    waduu,,harus yakin mas sm kmampuan sndiri.klw bkn dimulai dr kita mana mungkin bangsa lain bkal hormati kita. Mulai lah mengharhai diri sendiri. Toh pekrja2 disana anak ITB jg. Klw di perusahaan2 swasta -dimana profesionalisme dituntut sgt tinggi-, sy kira anak Indonesia byk jg yg berkelas. Teknik nya OKE. Tgl gimana cara kita konsisten ma pilihn kita. krg percaya diri gt.

    utk masalah SDA yg diambil bangsa asing atw jual murah keluar (co : gas alam cair Tangguh yg dijual murah ke petrochina seharga 2 dolar per ton)sy stuju dgn bapak2 bangsa kita semisal soekarno, amin rais, Fadjroel yang menolak memanfaatkan atw nasionalisasi hingga KITA sebagai tuan rumah mampu memanfaatknnya sendiri utk kemakmuran yg sebesar2nya bwt rakyat. Diperlukan tindakan revolusioner utk bangkit !sy percaya itu mas.DAn sy g percaya dgn tindakan setengah2ny soetrisno bachir yg bkal berusaha renegoisasi tanpa mau nasionalisasi aset kita yg dikuasai asing jika terpilih menjadi presiden ntar.

    bahas calon presiden nyok …

  13. andra said

    koruptor tembak mati slesai…………… gk ush pkir pnjang…….., mao taruh mn rakyat miskin kita?

  14. rhey said

    membaca review nya saja sudah menarik sekali apalgi membaca buku nya secara keseluruhan….

    yang pasti negara ini telah terlalu bnyak dirugikan oleh bangsa – bangsa asing yang notabanenya adalah ulah dari para pemegang jabatan elit di negeri ini..

    sebut saja sepeti penelitian yang sedang saya lakukan terhadap ” Kebijakan Khusus Pemerintah RI terhadap MNC (PT.Freport INdonesia)
    disini saya banyak menemukan kejanggalan mulai dari sistem management, pengelolaan , pembayaran pajak, Royalti , serta kepemilikan saham. itu semua dilakukakn oleh pejabat elit bangsa ini dengan cara barter kebijakan…

    mudah2an denga ada buku ini bisa memotivasi setiap elemen bangsa ini agar kedapan bisa lebih baik…

    bukunya masih beredar nggak samapi hari in i ??
    mohon di copy bnyak nukunya, agar semuanya bisa mendapatkan dan memmbacanya……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: