Scooterboyz Bertutur

Hanya sekedar blog biasa

Sinisme dan Sarkasme

Posted by scooterboyz pada November 12, 2008

Ehehehe..Lama ga ngeblog lagi..

Beberapa waktu belakangan ini, saya menemui beberapa masalah yang berhubungan dengan sikap sarkastik dan sinis. Semua pasti tau lah ya, sinisme itu apa dan sarkasme itu apa, keknya waktu dulu SMA ato SMP itu diajarin majas-majas, bahwa sinisme adalah majas menyindir dan sarkasme itu majas menyindir yang lebih kasar dari sinisme, bahkan kadang ada kata2 yang sangat menyinggung.

Jujur aja, saya sering berkumpul dan berdiskusi dengan orang-orang yang cukup sarkastis dalam mengomentari segala sesuatu, tau sendirilah dimana itu..:mrgreen:..Kadang sikap itu terbawa hingga ke tempat lain, walau ga niat gitu juga dan sudah berusaha menurunkan sindiran, tapi ternyata masi ada aja yang tersingggung.

Misalnya kemaren saya sempet bermasalah dengan senior di suatu tempat. Hal itu karena saya mengomentari suatu masalah, dan ternyata lupa menurunkan level sindiran. Jadi panjanglah masalah itu. Yah, mungkin sentimen senior junior bisa jadi. Saya juga lupa, bahwa tidak semua tempat itu egaliter seperti di ARC tempat saya biasa nongkrong. Di ARC, kami tidak pernah mempermasalahkan angkatan. Dan itu ternyata membuat kita menjadi sangat akrab(emang orangnya ga terlalu banyak juga sih).

Terus saat saya ngobrol dengan seorang anak ARC juga (ngakunya Godfather dia :mrgreen:), dia bercerita tentang temannya yang kerja di suatu tempat di kampus ini. Saat dia mengkritik, dan lagi-lagi mungkin terbawa kebiasaan di ARC, jadilah dia dipundungin ama temennya. Wew..

Saya jadi belajar, bahwa iklim diskusi itu harus diperhatikan, seringkali kita melupakan itu. Saat ita biasa berada di suatu komunitas A misalnya, saat kita masuk ke komunitas B, perhatikan dulu kebiasaan disana. apakah sama/mirip. Kalotidak, ya jangan disamain.

Tapi saya juga sekarang bingung, gimana caranya untuk mengurangi friksi yang bisa terjadi karena perbedaan itu?Any idea?:mrgreen:

Ini mungkin beberapa tulisan saya di blogg ini yang cukup sinis :

1. KPU oh KPU

2. Film Ayat-Ayat Cinta =  Buruk

Mungkin orang bilang ke saya, kenapa harus sinis, bisa ga kamu? Saya sudah ada argumen juga..Liat disini

Oke, wish me luck..Salam damai dari saya..

13 Tanggapan to “Sinisme dan Sarkasme”

  1. siandjing said

    ojo sinis-sinis lah bro, gak baik untuk kesehatan😀

  2. Wildan said

    salam damai..

  3. fuadfajri said

    ciee..

  4. humez said

    iya lu rab, sinis lu…😛

  5. yudhap88 said

    mas mas…
    ga nyadar apa…
    koe itu teroris mas…
    kalo sinis ya biasa to..
    haha…

  6. joice said

    Bom2, lo gw tag di blog gw!
    buat info : ‘di sini’
    Wajib diisi!
    hohoho…

  7. mayapuspitasari said

    Teman saya ada juga yg sarkasme
    Smp bbrp teman ‘cukup’ trauma berkomunikasi sama dia.
    Kira2 gimana ya cara ngilangin sifat itu??

  8. bintang said

    g mosting lg tho mas?? =p

  9. yesalover said

    Yesalover´s Unique Softcase..Unique Softcase, Batik Softcase

    btw, nice story…muuv gw numpang ngiklan…hehehe

  10. somphil said

    iyo, neng ndi wae pak, suwe ra ketok
    heheh, padahal aku yo suwe ga tau ketok😀

  11. KnightDNA said

    salam damai..

    you’ve been tagged

    http://knightdna.wordpress.com/2008/12/26/ten-2-one/

  12. annisa joenoes said

    hm, pandai2lah menempatkan diri, simple..:D

  13. dani said

    maaf pak, numpang tanya [blm search site:blog-ini]
    apa guhpraset dot wordpress dot com pernah maen kesini?
    biar tau dia kl mo latih tanding sinism dan sarkasm kesini aja😀

Tinggalkan Balasan

 
