Scooterboyz Bertutur

Hanya sekedar blog biasa

Jajaja 2010 Part 1 : Malang dan Pulau Sempu

Posted by scooterboyz pada Februari 13, 2010

Hampir setahun blog ini ga pernah diupdate lagi, hehehehe.. Suka males, malah sekarang maenannya di twitter serta kesibukan-kesibukan lain yang membuat saya agak sedikit menurun keinginan untuk ngeblog.. Kita coba buat menuliskan hasil perjalanan di bulan Januari kemaren.

Kenapa Jajaja? Artinya JAlan-JAlan JAnuari, hehehe.. Itu karena saya setiap bulan Januari, melakukan perjalanan untuk refreshing. Januari tahun lalu, saya pergi ke Singapore, Malaysia dan Vietnam. Tahun ini perjalanan dilakukan di dalam negeri saja, selain karena kemampuan finansial sedang menurun, kami juga ingin melihat keagungan alam Indonesia. Perjalanan ini kita lakukan ke 2 tempat utama, yaitu Pulau Sempu dan Pulau Bali. Kali ini perjalanan dilakukan bareng dua orang teman sejurusan dan seangkatan saya, EL 06 juga, yaitu Wibisana Jaka Sembada dan Dimas Triwicaksono

Untuk yang pertama ini, kita bahas dulu pulau Sempu. Ada yang sudah tau apa pulau Sempu itu? Penjara di tengah laut? Bukan  woi! Pulau Sempu adalah pulau di sebelah selatan pulau Jawa, pada Samudera Hindia. Pulau ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Nah lo, baru taukah kalo di Malang ada pulau?  Saya sudah agak lama taunya, tapi baru sekali melihatnya. Kalau kata orang, ini adalah The Beach-nya Indonesia.

Ko Phi Phi Lee, yang digunakan untuk film The Beach

Ko Phi Phi Lee, yang digunakan untuk film The Beach *img by : wikipedia*

Sebelumnya, saya ingin cerita perjalanan dari Bandung hingga Malang. Dari Bandung, kita naik kereta api Kahuripan, yang akan turun di daerah kediri. Perjalanan ini menghabiskan waktu 15 jam, berangkat pukul 20.10 sampai pukul 11.35 pagi. Tepos ga tuh pantat, di kereta selama itu. Tapi yang jelas satu, MURAH!! Hanya dengan Rp. 35.000 kita sudah bisa sampai kediri.  Kemudian, kebetulan kita tanya, ada kereta dari kediri ke malang pukul 11.45, resmikan! Bayar Rp. 4000 sampe Malang selama 5 jam perjalanan. Jadi total sekitar 20 jam kita di kereta, istirahat cuman 10 menit. Begitu sampai malang, setiap kali liat kereta, kita mual2, udah mulai “mblenger”.

Sampai di Malang, kita nginep rumah si Dimas yang kebetulan penduduk asli malang (namanya bukan suku aborigin tapi). Kita rencana malem mau ke Batu, tapi ternyata pada tewas, baru bangun sekitar jam 22.00. Akhirnya kita keluar ke “kota” Malang, buat minum minuman (yang konon katanya) khas malang, STMJ. Tapi maap, saya tidak tega untuk pesan minuman yang ada telornya, jadi pesen susu kopi sahaja..:D

Besok pagi-pagi sekali, kita menuju ke pulau Sempu. Dari Terminal Gadang, kota Malang, kita cari kendaraan umum ke arah Turen (Bukan Turin lho ya, kalo Turin mah di Itali). Biasanya tarif sekitar 3000-4000 rupiah per orang. Dari Turin,eh,Turen, kita naik angkot menuju Sendang Biru, yaitu daerah di ujung paling selatan kabupaten malang, tarifnya sekitar 15.000. Angkot ini bolak balik dari Turen ke Sendang Biru hingga pukul 4 sore. Di Sendang Biru, kita naik kapal menyeberangi Selat Sempu, menuju ke Pulau Sempu, tepatnya di Teluk Semut. Kapal ini cukup mahal kalo cuman orang sedikit, tarifnya Rp. 100.000 untuk pulang-pergi per kapal. Tapi kapal itu bisa sampai 15 orang perkapal, jadi kemaren kita numpang sama rombongan lain, biar murah..hehehe.. “Nakhoda” kapal ini, biasanya memberikan nomor HP, untuk memanggil dia saat kita mau kembali ke Sendang Biru.

Di kapal menuju sempu

Di kapal menuju sempu

Di Teluk Semut bersama Wicak

Di Teluk Semut bersama Wicak

Sesampainya di Pulau Sempu, kita mulai perjalanan, menuju ke Segara Anakan, obyek wisata utama di pulau Sempu ini. Dari mulai Teluk Semut hingga Segara Anakan, menempuh jarak sekitar 2.5 Km dengan medan yang naudzubilah susahnya untuk dilewati. Perjalanan menuju Segara Anakan menghabiskan waktu sekitar 2 jam apabila keadaan seperti kami kemaren, yaitu sangat berlumpur dengan kedalaman lumpur mencapai sekitar 20-30 cm. Selain berlumpur, juga sangat licin, karena efek musim hujan. Padahal medannya naik turun ga karuan dan walaupun jalan setapak, tetep aja susah untuk dilewati.

Kaki beneran itu

Kaki beneran itu

Setelah milestone hampir 5 kali jatuh kepleset, saya akhirnya sampai di Segara Anakan. Kata-kata yang bisa mengungkapkan keindahan Segara Anakan adalah “LUAAAAARRRRR BIASAAAAAAAAA!!!!”. Gila, semua rasa capek di jalan hilang. Semua kekesalan karena medan yang buruk, hilang. Semua perasaan marah dan sumpek, hilang. Gila, ini salah satu tepat terindah yang pernah saya kunjungi. Segara Anakan itu adalah laguna di tengah pulau Sempu. Jadi disana ada semacam pecahan batu besar, yang memasukkan air dari samudera Hindia ke dalam dan ada juga terowongan bawah air, yang megeluarkan air ke samudera hindia. Jadi air disana bersih banget. Buat yang ga bisa berenang, ga masalah, cetek kok.  Anda lihat saja fotonya di bawah ini. Gila, luar biasalah. Dan saran saya : semua orang muda indonesia harus kesana. Biar liat keindahan negaranya. Disini kita langsung maen-maen, berenang dan jelas, poto-poto. Hehehe.. Kita ga nyangka kalo seindah itu, tau gitu, nginep kita disana. Tapi terlanjur ga bawa perlengkapan..:(..Denger-denger, kalo malem, di Segara Anakan itu, plankton di laguna itu menyala. Pengen liat,tapi ga sempet..:(

Segara Anakan

Segara Anakan

Wibi yang berasa perutnya mantab

Wibi yang berasa perutnya mantab

Hiu Terdampar di Sempu

Hiu Terdampar di Sempu

Satu-satunya foto bareng

Satu-satunya foto bareng

Sekitar pukul setengah 4 kita kembali menuju Teluk Semut. Sampai disana pukul setengah 6 dan kapal sudah menunggu disana. Akhirnya kita menyeberang ke Sendang Biru lagi. Mandi-mandi disana, terus kita sempet rencana nginep disana dulu karena sudah keabisan angkot. Tapi akhirnya kita putuskan untuk naik ojek saja ke Turin,eh, Turen. Jalanan dari Sendang Biru ke Turen ngeri abis, gelap dan jauuuuuhhhh.. Mana dingin banget dan jaket saya kotor kena lumpur di sempu. Setelah sampai di Turen, ternyata bus ke arah malang sudah abis, mampus dah.. Nunggu-nunggu ga dapet2, akhirnya kita bilang ke polisi. Untung polisinya baik, akhirnya kita disetopin truk dan dibawa kembali ke Malang, hehehe. Bener-bener kaya wisatawan kere. Dalam truk itu, wibi dan wicak dengan mesranya berpangkuan..kekekeke..

Bereslah tour de sempu kali ini. Suatu saat saya sudah bertekad pengen nginep disana, tapi jangan pas musim hujan..hehehehe. Ada yang berminat juga?:D

Besok malemnya, kita lanjutkan perjalanan ke Bali, nanti saya ceritakan lain waktu.

Semoga bermanfaat buat yang pengen ke Sempu..😀

13 Tanggapan to “Jajaja 2010 Part 1 : Malang dan Pulau Sempu”

  1. ael said

    arab solo nyasar!

  2. didut said

    mantebhpun !! :))

  3. Amy Ali said

    Bikin ngiri aja…

  4. Asop said

    Wow…. Thailand!😀

  5. zico said

    no contact kapal nya berapa ya ?
    boleh minta ?
    saya ada rencana mo kesana

  6. aminah said

    http://wwwsinamalaysia-sina.blogspot.com/ sila kan semua tengok tour ini minah buat untuk ke orang malaysia di HCM dan HANOI . tolong kan send blog ini untuk kawan mana nak datang . thank’s

  7. Qwil said

    oi, cuy..
    rencananya gw dan kawan” sekitar 6 orang mau ke sana awal agustus nanti.. denger” mesti ada ‘uang’ ijin masuk ke Sempu nya brapa tuh?.. klo dari jakarta yg murah naik kereta dari mana ke mana ya? kan kalo lu nyampe kediri terus lanjut ke malang cuma 4ribu tuw,, nah klo dari jakarta?!.. cuz gw cek kereta dari jakarta-malang mahal cuy, giliran ada yang murah tapi tanggal 30-31 juli,, hikz..
    mohon penjelasan nya yak.. ^^

  8. mantab…
    kapan2 berangkat ke senpu…
    hahaha

  9. andihendra said

    Jadi kira2 total habis biaya dari Bandung-malang-P,sempu berapa yah

  10. Kesana pakai modal berapa ya gan?

  11. Andrew-Tan said

    Saran nih bro2… Buat yg bingung mau nginap di mana n butuh info2 untuk perjalanan wisata di kota Malang, saya saranin nginap di hotel Kartika Graha. Hotelnya dekat pusat kota, ga terlalu jauh dr stasiun, kamar bagus harga terjangkau. Hotel juga bisa kasi panduan jalan2 di sekitar kota Malang. Tempo hari saya liburan ke Malang banyak dibantu wkt mau jalan2 ke sendang biru. Check this out! http://www.kartikagrahahotel.com

  12. layak dikunjungi tuuh,, keren

  13. t20stream said

    this is Funny and useful actually i need this urgently and yhis blog is responsive
    live streaming

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: