Scooterboyz Bertutur

Hanya sekedar blog biasa

Hari 1 : 3 negara dalam sehari

Posted by scooterboyz pada Januari 17, 2009

Akhirnya sampai juga di rumah teman di Kuala Lumpur. Huff..Perjalanan super duper panjang bareng Sigit Adinugroho sejak kemaren jam 06.00 keluar dari Bandung, jam 11.30 naik Lion Air ke Singapore dan seterusnya. Perjalanan ini cukup menarik, banyak hal-hal menarik disini. Sampe cape sendiri,hehehe..Soalnya sama-sama ga tau jalan.

Pertama, sampe di Bandara Soekarno Hatta dan check in, kita langsung tunjukin surat sakti bernama NPWP,jadilah kita bebas fiskal, asiiikkk..Irit 2,5 Juta boi, buat jalan-jalan,hehehe.. Abis itu nunggu boarding, cukup lama, soalnya pesawatnya juga delay, harusnya jam 11.15 udah jalan, tapi jam 11.30 baru boarding, jadilah jam 12an baru jalan keknya itu..

Sampai di Singapore, bandara Changi yang indah itu (bener-bener bagus kalo ini mah,San Francisco dan Hongkong kalah jauh). Di imigrasi, lagi-lagi menjadi masalah tampang ini nampaknya, digiringlah aku ke secondary investigation. Tas disuru bongkar semua,laptop disuru buka, kamera disuru nyalain, Quran diperiksa, sajadah dan sarung juga diperiksa, HDD eksternal diambil dan diperiksa, parahlah pokoknya, lebih parah dari waktu dulu di Amerika. Sampai-sampai si Sigit dicariin sama petugasnya dan ditanya-tanya, untungnya jawaban kita sama. Mamposlah kalo ndak sama. Trus terakhir disuru periksa sidik jari, kirain kenapa, ternyata dicocokin sama database mereka tentang orang-orang yang buron, teroris dan orang-orang yang pernah dideportasi. Ditanya-tanya juga apakah aku pernah make paspor lain, ato ada alias nama lain. Beuh,parahlah, 2 jam kali aku di sana,sampe mabok.

Begitu keluar dari sana, langsung menuju ke Burger King, sudah laper banget sumpah. Mana panik lagi. Setelah cukup puas makan, kita melanjutkan perjalanan, naik MRT ke daerah Bugis Street, setelah sampe sana, pusing juga mau naik apa dan jalan kemana, akhirnya naik SBS 170 sampai ke Johor Bahru, murah bener bos,lintas negara ga sampe SG $2. Disana kita keluar dari Singapore. Antrinya naujubile. Setelah beres,ngantri lagi sampai ke imigrasi malaysia, mudah banget disini, ga ditanya apa-apa,langsung aja distampel. Alhamdulillah, padahal sudah panik awalnya, kalo sampai kaya kejadian di singapore lagi. Trus setelah keluar, kita lanjut ke Johor Bahru naik 170 lagi, dan makan disana trus naik bus (kalo disini namanya BAS) yang namanya Transnasional menuju ke Kuala Lumpur. Sampai di Kuala Lumpur jam 3 pagi, mau langsung ke tempat temennya sigit, ga enak juga,akhirnya kita ngendon di KFC sampe jam 6 (sempet tidur juga disana :p), solat subuh (disini jam 7 itu baru fajar) dan naik RapidKL menuju rumah temennya sigit itu dan sekarang ini onlen disana, hehehe..

Okelah, rencana hari ini lanjut dulu ke Hanoi, trus stay beberapa hari dulu, jalan-jalan..Wish Me Luck..

Foto-foto untuk hari ini bisa dilihat disini (Biar ga bambang tuh..:p)

Posted in Touring dan Jalan-Jalan | 14 Comments »

Sinisme dan Sarkasme

Posted by scooterboyz pada November 12, 2008

Ehehehe..Lama ga ngeblog lagi..

Beberapa waktu belakangan ini, saya menemui beberapa masalah yang berhubungan dengan sikap sarkastik dan sinis. Semua pasti tau lah ya, sinisme itu apa dan sarkasme itu apa, keknya waktu dulu SMA ato SMP itu diajarin majas-majas, bahwa sinisme adalah majas menyindir dan sarkasme itu majas menyindir yang lebih kasar dari sinisme, bahkan kadang ada kata2 yang sangat menyinggung.

Jujur aja, saya sering berkumpul dan berdiskusi dengan orang-orang yang cukup sarkastis dalam mengomentari segala sesuatu, tau sendirilah dimana itu..:mrgreen:..Kadang sikap itu terbawa hingga ke tempat lain, walau ga niat gitu juga dan sudah berusaha menurunkan sindiran, tapi ternyata masi ada aja yang tersingggung.

Misalnya kemaren saya sempet bermasalah dengan senior di suatu tempat. Hal itu karena saya mengomentari suatu masalah, dan ternyata lupa menurunkan level sindiran. Jadi panjanglah masalah itu. Yah, mungkin sentimen senior junior bisa jadi. Saya juga lupa, bahwa tidak semua tempat itu egaliter seperti di ARC tempat saya biasa nongkrong. Di ARC, kami tidak pernah mempermasalahkan angkatan. Dan itu ternyata membuat kita menjadi sangat akrab(emang orangnya ga terlalu banyak juga sih).

Terus saat saya ngobrol dengan seorang anak ARC juga (ngakunya Godfather dia :mrgreen:), dia bercerita tentang temannya yang kerja di suatu tempat di kampus ini. Saat dia mengkritik, dan lagi-lagi mungkin terbawa kebiasaan di ARC, jadilah dia dipundungin ama temennya. Wew..

Saya jadi belajar, bahwa iklim diskusi itu harus diperhatikan, seringkali kita melupakan itu. Saat ita biasa berada di suatu komunitas A misalnya, saat kita masuk ke komunitas B, perhatikan dulu kebiasaan disana. apakah sama/mirip. Kalotidak, ya jangan disamain.

Tapi saya juga sekarang bingung, gimana caranya untuk mengurangi friksi yang bisa terjadi karena perbedaan itu?Any idea?:mrgreen:

Ini mungkin beberapa tulisan saya di blogg ini yang cukup sinis :

1. KPU oh KPU

2. Film Ayat-Ayat Cinta =  Buruk

Mungkin orang bilang ke saya, kenapa harus sinis, bisa ga kamu? Saya sudah ada argumen juga..Liat disini

Oke, wish me luck..Salam damai dari saya..

Posted in Coretan | Dengan kaitkata: , , , , , | 13 Comments »

Laskar Pelangi, Laskar Pemimpi (The Movie)

Posted by scooterboyz pada September 26, 2008

Pastinya semua sudah tahu, kemaren adalah hari pemutaran perdana film yang termasuk paling menghebohkan di Indonesia, “Laskar Pelangi The Movie”. Siangnya saya berusaha untuk cari tiket, akhirnya ada temennya si kancrid yang ternyata lagi ngantri, yasud, nitip aja kita. Akhirnya dari 7 tiket yang kita titip, kita cuman dapet 3, resmilah saya, kancrid dan ipul berangkat. Sampe di Ciwalk XXI, wew, pertama kalinya saya lihat XXI sepenuh ini. Gilak, apalagi di depan studio 1, curiga tragedi zakat maut terulang.. :mrgreen:

Saya juga harap-harap cemas, apakah film ini akan sehebat bukunya atokah kasus Ayat-Ayat Cinta akan terulang kembali. Sebab ada beberapa omongan, kenapa film ini tidak diserahkan pada Deddy Mizwar saja, malah ke Riri Reza. Kalo saya sih, percayalah pada kapasistas Riri. Trus apakah cast yang dipilih bakal representatif, sebab mereka anak-anak “hijau”. Penasaranlah saya dengan segalanya. Selain itu kalo sampe jelek, gengsi juga sama si Alief, yang sudah menghina-hina dulu di awal..:mrgreen:

Baca entri selengkapnya »

Posted in Music, Pelem | Dengan kaitkata: , , , , , , , , , , , , , | 24 Comments »

Selayang Pandang 1 Ramadhan

Posted by scooterboyz pada September 1, 2008

Sebelumnya, Muhammad Arif dan Keluarga mengucapkan Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga kita diberi kekuatan dan kesempatan untuk puasa hingga akhir bulan tanpa halangan apapun. Mohon maaf lahir dan bathin.

Akhirnya, hari ini datang juga. Puasa untuk kali pertama di tahun ini. Adakah yang berbeda dengan tahun kemaren? Selama ini belum, masi gitu aja. Masi kuliah, masi ketemu anak-anak itu, masi gitu.. Cuman hari ini ada satu kejadian istimewa, saya diare kelas berat, sampe rada lemes ini, hiks..

Tadi perjalanan ke kampus, kuliah jam 7, sangat mencengangkan. Jalan antapani dan jalan jakarta sepi buanget. Gilak, ndak pernah kek gini. Alhamdulillah..Jalan Supratman juga cenderung sepi, walo agak rame juga. Alhasil, 15 menit sampe kampus, hehehe..Curiga ini gara2 anak SD,SMP dan SMA masi liburan,kalo mereka udah masuk, ya paling rame lagi

Sampe di kampus, parkiran motor masi sepi, baru dikit bener motornya. Di ruang kuliah juga gitu, masi dikit banget yang dateng. Ehehehe..PEngaruh yang hebat dari bulan puasa, hehehe..Di sunken court, kejadian seperti tahun-tahun sebelumnya terulang kembali..Hehehe..

ehehehe..Banyak sekali yang berbeda yah ternyata..:mrgreen:..Tapi paling 2 ato 3 hari lagi udah normal.. 😀

Weitz..Sudah dulu, mau siap-siap buka..:D

Posted in Coretan | Dengan kaitkata: , , , | 7 Comments »

Sambara, Sajian Sunda

Posted by scooterboyz pada Agustus 18, 2008

Yoa..Malem minggu kemaren saya dan keluarga iingin melihat bandung di malam hari pada malem minggu. Akhirnya jadilah kita keluar jalan-jalan untuk mencari makan malam di tempat yang enak. Akhirnya jatuhlah pilihan ke Resto Sajian Sunda Sambara. Sambara ini terletak di daerah dekat Gedung Sate dan Gasibu, tepatnya di Jl. Trunojoyo 34. Tempatnya cukup maknyus, karena saya tidak bawa kamera yang cukup genah, saya ambil sebagian dari websitenya sambara.

Disana banyak sekali masakan-masakan sunda,sangat menarik pengaturannya. Ada meja panjang gitu, yang berisi semua menu yang tersedia dan disitu ada eneng-eneng pelayannya yang ngambil-ngambilin. Sayangnya waktu kesana, udah agak telat,jadi ada beberapa yang udah abis.

Disana banyak sekali makanan khas sunda (ya iyalah, masa ya iya dong), misalnya gepuk, ayam goreng, ikan-ikanan dan pastinya makanan sunda dedaunan dan sambal-sambalan. Secara overall, enak bener rasanya, bisa dikasi nilai 9/10. Ini pesenan saya dan keluarga, masi nambah-nambah lagi sih. :mrgreen:

Enake dek..

Enake dek..

Untuk minum, saya beli minuman bernama Karacak, unik yah? Apa itu? Itu isinya strawberi, pisang ama yoghurt kalo ndak salah. Enak banget, sueger buanget. Uniklah pokoknya.

Karacak

Karacak

Buat yang pengen wisata kuliner di bandung, sangat saya rekomendasikan untuk pergi kesini. Apalagi kalo bersama keluarga. Tempat nyaman, rasa enak, kurang apalagi? Nah masalah harga, ya standart wisata kuliner eksklusif bersama keluarga di Bandung-lah, untuk orang normal yang seperti saya dan keluarga kemaren, abisnya satu orang sekitar Rp. 40.000, tapi dijamin puas. Ada yang mau mencoba?

D

Meja makan dan ada ibuku diujungnya..:D

Intermezo :

Awa dan adek..Sama2 imut?

Awa dan adek..Sama2 imut?

Posted in Touring dan Jalan-Jalan | Dengan kaitkata: , , , , | 15 Comments »

Dirgahayu Republik Indonesia!!

Posted by scooterboyz pada Agustus 17, 2008

63 tahun yang lalu, pukul 10 tepat, presiden pertama kita dan proklamator kita, Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta, berdiri di depan rumah di jalan Pegangsaan Timur, Jakarta. Beliau berdua membawa sebuah kertas, yang berisikan sebuah naskah yang diketik oleh Sayuti Melik. Semua rakyat Indonesia menunggu, dari ujung timur hingga barat, semua menunggu. Hingga pada suatu waktu, Ir. Soekarno mulai berbicara di depan mic.

MERDEKA!!

MERDEKA!!

Saudara-saudara sekalian !

Saya telah minta Saudara-saudara hadir disini untuk menyaksikan satu peristiwa maha penting dalam sejarah kita.

Berpuluh-puluh tahun kita bangsa Indonesia telah berjuang untuk kemerdekaan tanah air kita. Bahkan telah beratus-ratus tahun !
Gelombangnya aksi kita untuk mencapai kemerdekaan nasional tidak berhenti-henti. Didalam jaman Jepang ini, tampaknya saja kita menyandarkan diri kepada mereka. Tetapi pada hakekatnya, tetap kita menyusun tenaga kita sendiri, tetap kita percaya kepada kekauatan sendiri.

Sekarang tibalah saatnya kita benar-benar mengambil nasib bangsa dan nasib tanah air didalam tangan kita sendiri. Hanya bangsa yang berani mengambil nasib dalam tangan sendiri, akan dapat berdiri dengan kuatnya.

Maka kami, tadi malam telah mengadakan musyawarah dengan pemuka-pemuka Rakyat Indonesia, dari seluruh Indonesia. Permusyawaratan itu seiya-sekata berpendapat, bahwa sekaranglah datang saatnya untuk menyatakan kemerdekaan kita.

Saudara-saudara ! Dengan ini kami nyatakan kebulatan tekad itu. Dengarkanlah Proklamasi kami :

PROKLAMASI

Kami Bangsa Indonesia dengan ini menyatakan Kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain, diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-sesingkatnya.

Jakarta, 17-8-1945
Atas nama Bangsa Indonesia
SOEKARNO-HATTA

Demikianlah Saudara-saudara !
Kita sekarang telah merdeka !
Tidak ada satu ikatan lagi yang mengikat tanah air kita dan bangsa kita ! Mulai saat ini kita menyusun Negara kita ! Negara Merdeka, Negara Republik Indonesia, –merdeka kekal dan abadi.
Insya Allah, Tuhan memberkati kemerdekaan kita itu.

Merdeka kita!!

Dirgahayu Republik Indonesia!!

63 tahun adalah usia yang seharusnya sudah cukup matang untuk sebuah negara. Semoga ini menjadi titik kebangkitan negara kita!!

Posted in Coretan | Dengan kaitkata: , , , , , | 1 Comment »

Aliansi Non Blog dan Pangalengan..

Posted by scooterboyz pada Agustus 16, 2008

Lama sekali ndak pernah aktif ngeblog lagi. Pertanyaannya, kenapa? Yah, karena akhir-akhir in hidup saya biasa-biasa aja, tidak perlu dituliskan. Kenapa ndak menulis yang lain? Karena saya merasa kalo tidak mengalami sendiri itu basi, jadi ndak nulis.. :mrgeen: .. Selain itu ada beberapa kegiatan yang cukup menyita waktu saya, jadi saat waktu luang, sudah males mau nulis, hehehe.. Kegiatan-kegiatan itu diharapkan bisa membuahkan hasil di akhir semester depan, jadi rencana “jalan-jalan” saya bisa kesampaian. Amin.. :p .. Malah ada yang menganggap saya terpengaruh oleh aliran sesat dari si Aisar SSW ini..

Oke, next ke topic selanjutnya.. Pangalengan? Ngapain? Ndak, bukan karena liburan ini trus saya kerja jadi penjual susu sapi dari KPBS pangalengan.. Kalo KPBS saya ndak tertarik, tapi kalo KBPS tertarik banget saya, biar bisa donlod cepet.. :p .. Kemaren hari Kamis, 14 Agustus 2008 saya ke Pangalengan bersama dengan teman-teman dari Amateur Radio Club aka ARC ITB. Pasang wifi? Bukan.. Setup jaringan? Bukan.. Setup APRS? apalagi.. :mrgreen:.. Kita kesana dalam rangka wisata tahunan ARC yang terakhir diadakan bertahun-tahun yang lalu (bener acara tahunan kan?Diadakannya bertahun-tahun sekali)..

(Mulai sini banyak foto-foto..)

Baca entri selengkapnya »

Posted in Touring dan Jalan-Jalan | Dengan kaitkata: , , , , , | 14 Comments »

Budaya Membaca

Posted by scooterboyz pada Juli 17, 2008

Kebetulan, benar-benar kebetulan (sebab tidak ada kesempatan memilih), saya dilahirkan dalam keluarga yang bisa dibilang “kutu buku”. Kakek dan om-om saya adalah penulis yang lumayan aktif. Kakek saya sebagai orang yang dianggap “Ahli Agama” banyak menulis dan menterjemahkan buku-buku islam yang berfokus pada fiqih-fiqih. Lalu om saya, Haidar Bagir, merupakan orang yang sangat aktif menulis untuk filsafat Islam, baik berupa buku maupun kolom-kolom di majalah dan koran. Saya sendiri, sejak kecil, sudah “dicekoki” dengan berbagai buku, mulai dari (yang saya ingat) Magic School Bus, Kumata si Beruang Kecil, Bobo dan lain-lain saat saya masi berusia anak-anak. Setelah masa itu lewat, mulai saya baca komik dan novel-novel ringan hingga sekarang sudah meningkat lagi, entah sampai tahap mana. Kebetulan dan cekokan ini sama sekali bukan berarti negatif, tapi benar-benar saya syukuri.

Kenapa saya syukuri?Jelas, dengan membaca, hidup saya menjadi tidak kosong. Selain mengisi waktu, juga sebagai inspirasi-inspirasi dalam menjalani kehidupan ini. Betapa tidak? Saya mendapat banyak ilmu dan cerita-cerita yang menarik dari bacaan saya itu. Mulai dari yang fiktif, seperti novel-novel dan cerita-cerita lainnya, hingga ke buku yang non fiksi.

Secara pribadi, saya sangat tertarik dengan buku-buku novel (yang tidak picisan tentunya) dan cerita-cerita non fiksi serta catatan perjalanan seseorang. Gila, hati saya ini berdebar-debar saat membaca catatan perjalanan dan kehidupan orang-orang itu. Sebagai contoh, buku “Catatan Si Roy” karya Mr. Gola Gong. Ini menurut saya buku yang sangat inspiratif hingga jaman kapanpun. Jujur, saya mulai menjadi “penjelajah” gunung dan pergi jauh untuk sekedar menikmati alam setelah membaca habis buku ini, mungkin itu sekitar akhir SMP. Setelah itu saya menjadi sering naik gunung atau berpetualang ke kota-kota lain. Selain itu banyak sekali pemikiran-pemikiran saya yang muncul setelah membaca buku ini. Karena itulah, saya berusaha untuk tidak menjadi orang yang tertutup dalam kehidupan. Saya jadi suka berdiskusi, ngobrol ini itu, dengan semua orang. Masalah politik, OK. Masalah Sosial, OK. Masalah Sastra, Psikologi, Filsafat, OK. Walau saya mungkin bukan ahlinya, tapi minimal saya tidak gagap saat berbicara dengan itu. Selain itu, hasil dari membaca ini, saya jadi sering berdiskusi dengan banyak orang dan inilah yang membuat saya tidak tertutup pada siapapun.

Ada banyak sekali teman saya yang sama sekali tidak tertarik untuk membaca (kecuali komik dan mangan scan tentunya). Mereka hanya membaca buku-buku diktat sekolah dan kuliah. Atau banyak juga yang membaca buku populer dan best seller saja. Menurut saya best seller bukan menjadi tolok ukur baiknya suatu buku untuk dibaca ato tidak. Sering saya melihat buku-buku best seller yang tidak lebih dari buku yang memanfaatkan kesempatan ato merupakan cara pemasarazn dari penerbit-penerbit itu, tapi isinya, wew..jelek banget.

Nah, budaya membaca ini sudah digembar-gemborkan sejak jaman dulu. Ada banyak slogan “Buku adalah jendela dunia” dan slogan-slogan sejenis, tapi itu hanya menjadi jargon kosong saja. Gimana tidak? Gagalnya budaya membaca ini menurut saya bukan 100% kesalahan masyarakat, tapi juga bisa jadi kesalahan pemerintah dan penerbit (secara bapak saya juga bekerja di penerbitan buku,hehehehe). Menurut saya, harga buku di Indonesia itu teramat mahal, jujur, apalagi untuk kelas mahasiswa dan pelajar. Lihat saja, harga buku *bermutu* di Indonesia ini pasti lebih dari Rp. 30.000 (ini sudah jarang sekali ada yang harga segini). Berapa harga makan untuk mahasiswa “normal”(seperti saya :mrgreen: )? Tidak lebih dari 5000-6000 rupiah. Bayangkan, harga buku bisa lebih dari 5-6 kali harga makan. Wew..Selain itu, kenapa yah tidak diadakan sistem seperti di beberapa negara, yaitu apabila sudah selesai dibaca, anda bisa mengembalikan buku itu dengan harga tertentu. Misalnya, Anda beli sebuah buku, dengan harga US$7.00, anda akan mendapatkan uang kembali apabila buku itu sudah dikembalikan dengan US$2.00, tentunya dengan syarat bukunya harus masi baik dan tidak rusak serta pada jangka waktu tertentu. Menurut saya itu sangat menarik, jadi itung-itung kita beli buku dengan harga US$5.00 apabila buku itu kurang menarik atau kita merasa cukup dengan sekali baca.

Usulan untuk penerbit, mungkin sebaiknya anda membuat buku murah, misalnya dengan kualitas cetakan yang biasa saja (jangna jelek) dan kertas yang murah, seperti mungkin paper bag ato gimana gitu dan ga usah pake hardcover ato apalah itu. Untuk pembeli seperti ini mungkin bisa dibatasi, misalnya untuk dapat membeli buku seperti ini, harus menjadi member atau menunjukkan kartu mahasiswa gitu.

Kalo saya ngobrol sama temen, mereka selalu ngomong, daripada beli, kenapa tidak membudyakan perpustakaan ato gimana gitu. Yap, sepatu, sepakat dan setuju. Tapi apakah sudah ada seperti itu? Perpustakaan yang enak dan pewe buat duduk dan membaca. Ga ada..Konotasi perpustakaan adalah mencari buku tua yang udah ga ada dimana-mana, selain itu tempatnya membosankan karena lembab dan berdebu. Apalagi perpustakaan kota, engga deh saya kesana, bisa-bisa pulang terus bengek.
Nah, apa usul saya untuk menumbuhkan budaya membaca? Sebenarnya ini bukan usul saya sih, tapi saya mengutip dari Mr. Gola Gong, sebagai salah seorang penulis yang paling saya hormati. Beliau adalah pendiri Rumah Dunia, tempat jurnalistik, sastra dan sebagainya. Beliau memberikan beberapa usulan untuk membangun reading habit atau kebiasaan membaca di rumah :

1.Sebelum membangun kebiasaan membaca di luar, biasakan dulu di rumah
2.Orang tua harus memberi contoh membaca bukan memaksa untuk membaca
3.Berikan tempat yang nyaman untuk membaca, selain itu, sebaiknya diberi rak buku-bku di ruang keluarga ato tempat strategis lainnya di rumah
4.Berlanggananlah majalah dan koran yang disukai, serta jangan takut untuk membeli buku, anggap apa investasi (Disadur dari buku “Menggenggam Dunia, Bukuku Hatiku” Tulisan dari Gola Gong)

Tapi ada temen yang nanya juga, gimana kalo udah terlanjur “tua” sebelum terbiasa membaca, saya bingung juga menjawabnya, hehehehe.. Mungkin langkah terakhir itu bisa digunakan, jangan takut membeli buku dan paksakan (dari diri sendiri) untuk mulai membaca

Ada satu quote lagi yang menarik yang mendukung pendapat di atas “Buku adalah pintu menuju hal-hal baru, yang akan membelit tubuh dan jiwa kita begitu memasukinya. Buku juga jendela. Dari keempat sisinya kita bisa menjelajah negeri impian dan menjadikan kita berpikir cerdas, kritis serta membangun rasa percaya diri.”

Saya menulis ini tidak ada maksud menghina ato apa, cuman ingin berbagi aja, mungkin ada juga yang tidak setuju dengan ini.

Note : Diposting dari salah satu warnet ternama di Solo..Gile..Kampusku Surgaku, walo ada cumi tapi inet teteup kuenceng.. ;mrgreen:

Posted in Coretan | 17 Comments »

Selamatkan Indonesia!! (Bedah Buku)

Posted by scooterboyz pada Juli 5, 2008

Hari ini, saya dan bapak mendapat kesempatan dan undangan untuk menghadiri bedah buku “Agenda Mendesak Bangsa : Selamatkan Indonesia” karya Prof. Dr. H. Mohammad Amien Rais. Yang mengisi bedah buku ini adalah Prof. Dr. H. Mohammad Amien Rais (Narasumber), Ryan Sumindar (Moderator) dan tiga orang panelis dari berbagai bidang yaitu Dr. Kodrat Wibowo (Pakar Ekonomi Unpad), Ir. Dadang Muhammad (Pengusaha Agrobisnis Nasional) dan Prof. Dr. Ir. Deny Juanda Puradimaja, DEA. (Kepala Bapeda Jabar). Tajuk dari bedah buku ini adalah Kebangkitan Ekonomi Bangsa. Acara ini bertempat di Hotel Panghegar, Jl. Merdeka No. 2.

Kiri-Kanan: Dadang Muhammad, Kodrat Wibowo, Deny Juanda, Amien Rais, Ryan Sumindar

Saya sendiri belum membaca buku ini, tapi saya sudah banyak membaca reviewnya di Internet. Sangat menarik, seperti biasa, Pak Amien selalu lantang dalam memberikan pendapatnya. Tadi, kata pak Deny Juanda, buku ini bisa membuat amuk massa besar-besaran saat membacanya dan menurut pak Dadang, buku ini marah. Memang, sudah tidak heran lagi, biasa Pak Amien seperti itu. Kalo mau tau hasil lengkap dari bedah buku ini, kita cerita-cerita pribadi aja, ato baca koran bandung besok. Pasti ada, tadi banyak wartawan.

Beberapa kesimpulan yang bisa saya ambil dari pembicaraan ini adalah :

1. Indonesia sudah merdeka dan berdaulat.  Tapi satu kurangnya apabila dibandingkan dengan negara-negara yang mapan itu, yaitu kekuatan dan palang pintu pembatas yang kuat supaya intervensi asing tidak mudah masuk ke negeri ini. Tidak seperti keadaan yang terjadi seperti pada jaman Raja Amangkurat 1 dan 2 yang membuka jalan yang lebarbagi penjajah untuk masuk ke Pulau Jawa.

2. Permasalahan utama dari negeri ini adalah apa yang disebut “State Hijacking Corruption” oleh Pak Amien. Korupsi ini adalah korupsi yang mencengkram “tengkuk” kita tanpa memberi kesempatan kita untuk bergerak. Menurut Pak Amien, memang korupsi itu sudah tidak bisa terhindarkan lagi, memang pada setiap kekuasaan pasti ada korupsi,susah sekali untuk tidak. Tapi yang dicari adalah korupsi yang tidak “menyakiti” rakyatnya. Gimana coba caranya? :mrgreen:

3. Pak Amien juga memberikan beberapa solusi yang cukup menarik, untuk bidang ekonomi, yang paling menarik bagi saya adalah renegosiasi persetujuan-persetujuan yang merugikan rakyat. Beberapa persetujuan yang layaknya dibicarakan ulang misalnya adanya hubungan kerjasama antar korporasi asing dengan negara, seperti pada PT. FreePort Indonesia (walaupun tidak yakin juga saya, apakah freeport apabila kita pegang sendiri akan menjadi maju seperti sekarang.) Nah, masalah renegosiasi ini, ada banyak yang bilang, ini kan udah terlanjur. Menurut Pak Amien (saya kutip terus,sebab narasumber beliau), untuk perjanjian besar seperti ini, ada klausul yang terkenal bahwa perjanjian seperti ini harus dihormati dan ditaati. Tapi ada juga satu klausul yang setingkat dan sama kuatnya yaitu apabila perjanjiannya merugikan orang banyak (rakyat) maka dapat dinegosiasikan ulang (ada bahasa latinnya,tapi saya lupa 😀 ).  Klausul terakhir ini yang banyak dilupakan oleh orang banyak.

Salah satu penanya menanyakan apakah Pak Amien mau jadi presiden lagi. Jawaban dari pak amien sangat diplomatis, “karena tidak ada yang mencalonkan saya, ya saya tidak maju. Wong partai saya aja sekarang ‘Hidup adalah perbuatan’. Kalau ada yang mencalonkan, ya saya maju”.  Eeeeaaaa…Kira-kira beliau mau maju ndak? :mrgreen: . Saya agak geli dengan ‘Hidup adalah Perbuatan’, walau dia tidak ngomong mau nyalon presiden, tapi sinyalemennya sangat kuat.

Sedikit selingan, waktu pulang, door prize diundi. Saya dan bapak saya kebetulan masing-masing dapet satu hadiah. Saya mendapat hadiah blender dan bapak mendapat hadiah juicer jeruk. Dan anda tahu siapa yang paling beruntung dari door prize ini? Jelas Ibu saya.. :mrgreen ..Sebentar lagi bakal banyak jus jeruk di rumah dan banyak jus-jus buah yang lain, hehe..

Posted in Coretan | Dengan kaitkata: , , , , , | 15 Comments »

Carilah Perbedaannya..

Posted by scooterboyz pada Juni 14, 2008

Kata orang saya banyak berubah tadi malam..

Masak sih?
Ini skrinsut :

Before

After

Ihihi..

Jadi kalo ketemu awa,disapa yah..:p

*posting ga penting lagi kk.. :mrgreen:

Posted in Coretan | Dengan kaitkata: , , | 24 Comments »