Scooterboyz Bertutur

Hanya sekedar blog biasa

Emangnya lu bisa?

Posted by scooterboyz pada Maret 16, 2008

Pertanyaan itu sering banget aku denger akhir-akhir ini, baik secara langsung ataupun via comment di blog tercinta ini, terutama karena postingan yang agak “melawan arus” seperti Film Ayat-Ayat Cinta = Buruk! atau apalah yang serupa karena itu. Jujur, saya tidak ingin menanggapi serius pertanyaan seperti itu, sebab saya merasa itu adalah sebuah pertanyaan yang (maaf) kurang cerdas.

Kenapa saya bilang kurang cerdas? Ada alasannya dan tidak semua pertanyaan seperti itu kurang cerdas. Pertanyaan “Emang Lu Bisa?” dan sejenisnya sangat tidak tepat ditujukan kepada seorang pembuat film apabila dia protes terhadap sebuah kebijakan negara atau seorang insinyur elektro yang memprotes sebuah film karena dianggap mengecewakan. Mengapa? Karena mereka memiliki profesi dan keahlian yang berbeda. Seorang yang mempublish hasil karyanya, berarti dia sudah termasuk ahli dalam bidangnya. Dan orang yang memiliki profesi yang berbeda dan tidak memahami dunia itu, hanya bisa mengkritisi.

Buat apa diam saja kalo melihat sebuah hasil karya yang buruk? Yang kasihan juga itu si pembuat karya, dia merasa semuanya baik-baik saja, eh, ternyata banyak yang menghujat di belakang. Seperti kasus ayat-ayat cinta, saya secara terbuka menyatakan kekecewaan saya akan film itu. Ok, saya tidak bisa membuat film seperti itu, kenapa? Karena saya tidak pernah mempelajari dunia perfilman. Kalo sampai ada produser film yang melihat nilai Rangkaian Elektrik saya C, dan dia memprotes, silakan anda tanya, bisa ga lu? Jelas sama-sama tidak, sebab kemampuan kita berbeda..

Sekarang bayangkan saja (buat comment yang tanya begitu ke saya), kalo seorang yang tidak ahli di suatu bidang, dalam hal ini saya tidak bisa bikin film, menyatakan karya itu buruk (dan bukan hanya saya yang berkata begitu), apa kira-kira yang akan dikatakan oleh para ahlinya? Pasti lebih tajam, sebab mereka lebih tahu dimana kesalahan-kesalahan dan apa yang harus diperbaiki.

Lain hal kalo misalnya saya memprotes karya elektrik teman saya, dia berhak bertanya “Emangnya lu bisa?” dan kalau saya njawab “Nggak”, nah, itu baru yang namanya tolol..

OK? Ini hanyalah sebuah pendapat lagi dari saya seorang yang bodoh..Silakan anda setuju atau tidak! Tapi scooterboyz selalu cinta damai.. Insya Allah ini bisa menjawab pertanyaan orang-orang dan hinaan orang-orang ke saya.😀 . Sebab saya takutnya kalo ga ditanggapi, mereka marah lagi. Kalo saya pribadi sih, peduli amat..:mrgreen:

12 Tanggapan to “Emangnya lu bisa?”

  1. Wildan said

    Setuju boy..semua pada porsinya, harus proporsional lah.. superman aja kaga bisa ngerjain RE..apalagi orang biasa seperti kita-kita ini..

  2. ah nyantai saja..
    life is too short to worry,
    mulutmu harimaumu khan

  3. aJOemOni said

    orang yg maju,
    yg terbuka utk dikritik
    hehehe..😛

  4. Irvan said

    makin banyak sih para pengecut cyber sekarang.
    wkakakak

    -IT-

  5. @Wildan
    Gw lulus di kesempatan pertama..😀

    @Imam😀

    @Ajoe
    Stujuh..

    @Irvan
    KEmaren pengecut cyber ga muncul di lahan perang..😀

  6. […] Emangnya lu bisa? […]

  7. ridwan said

    walah, cinta damai tapi nyerang pribadi dosen yang ngekritik sastra n bahasa di novel ayat2 cinta di milis😛

  8. rime said

    teruskan karir kritikmu nak..

    asal jangan lupa pasang identitas :p

  9. @Ridwan
    Masa? :belagakpilon:

    @Rime
    PAsti brur..

    Saya bukan pengecut cyber..

  10. Arayas said

    emang lu bisa?

    sory ces, itu TIDAK PENTING. BOROS. saya suka komenmu yang sederhana tapi cepat spt rangkaian elektro.

    … dan film juga punya muatan elektro

    jabat erat hati,
    arayas

  11. luhut said

    Ahh ada-ada saja.
    Setiap orang kan punya kapabilitasnya masing-masing.
    Kata2 Republik mimipi ada benarnya: Kritik itu biasa.. manusia ada lemahnya..
    Yang penting pemberi kritik memberikan identitasnya.
    sepp..

  12. didut said

    santai aja sob, namanya juga dunia maya hihi~
    kalo diambil hati ntar hatinya cepet kering😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: